Sunday, 18 November 2018

Sampah Tutupi Akses Masuk ke Rumah Si Pitung di Marunda

Senin, 25 Juni 2018 — 6:23 WIB
Petugas LH Kepulauan Seribu membersihkan sampah di pesisir Pantai Marunda. (Ist)

Petugas LH Kepulauan Seribu membersihkan sampah di pesisir Pantai Marunda. (Ist)

JAKARTA – Sejumlah sampah mengotori pesisir Pantai Marunda, Cilincing, hingga menutupi akses jalan masuk ke ‘Rumah Si Pitung’. Petugas Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, langsung menangani dengan cara menggempurnya.

“Penanganan sampah di pesisir Pantai Marunda ini sudah kita lakukan selama dua hari, sejak Sabtu kemarin hingga Minggu hari ini,” ucap Kepala Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman, Minggu (24/6/2018).

Dalam waktu dua hari tersebut, kata Yusen, sebanyak empat ton sampah berhasil diangkut dari pesisir Pantai Marunda dan kawasan sekitar. “Kini sampah sudah tidak ada, sudah tertangani,” ungkapnya. Untuk penanganan, 25 petugas pun dikerahkan.

Menurut Yusen, sejumlah sampah yang ada di pesisir tersebut karakteristiknya berbeda dengan yang ada di darat. Dimana, sambungnya, sampah tersebut merupakan sampah kiriman baik dari muara sungai maupun arus laut.

“Selain itu, sampah juga berasal dari wisatawan dan warga itu sendiri. Sehingga perlu terus mengedukasi masyarakat agar kebiasaannya membuang sampah di sembarang tempat bisa berubah,” jelas Yusen. (deny/b)