Monday, 19 November 2018

Terima Tamu Saat Suami Pergi Si Tamu Tewas Dipukul Linggis

Senin, 25 Juni 2018 — 5:56 WIB
linggis

ANDRE ROLADE, 32, memang suka menganggap masalah seperti daging gulung saja, serba enak. Bertamu pada wanita tengah malam, saat suami tak di rumah. Andre Rolade pun jadi korban kecemburuan Arif Uyuhono, 32, yang sebetulnya teman sendiri. Dia tewas dipukul linggis seusai menemui istri Andre.

Seakrab-akrabnya berteman, harus jaga etika dan perasaan orang. Boleh saja tidur sekamar, makan bareng semeja, tapi ketika urusan perempuan harus hati-hati. Meski berteman, tak boleh menganggap sepele istri sang teman tersebut. Hal yang sepele, bisa saja jadi berabe, karena memicu sebuah kecemburuan. Bila hal ini terjadi, masalah bisa jadi gawat bahkan nyawa pun bisa lewat.

Andre Rolade dan Arief Uyuhono sama-sama tinggal di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Mereka pun bersahabat akrab. Sayangnya, Andre Rolade ini menganggap semua persoalan sama empuknya seperti daging gulung. Mentang-mentang akrab dengan Arief Uyuhono, dia berani memperlakukan istri Andre secara sembarangan.

Seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Malam-malam dia berani bertandang menemui Ny. Tiwik, 30, di kala suaminya tak di rumah. Datang pukul 19.00, tapi pukul 21.00 belum juga pulang. Di mata Andre Rolade, mana mungkin Arief Uyuhono marah, wong teman sendiri ini. Orang Jawa punya ungkapan: kacek klerek karo sedherek (salah sedikit sama keluarga pasti dimaafkan).

Pukul 21.30 Arif Uyuhono pulang dari kantor. Mendengar suara Andre di dalam sepertinya ha ha hi hi bersama itrinya, dia timbul kecurigaannya. Jangan-jangan Andre Rolade memang memanfaatkan kepergiannya, sehingga bertama sampai pukul 21.30 belum juga pulang. Kecurigaan itu makin berkembang, jangan-jangan mereka tak sekedar tatap muka ngobrol, tapi juga tatap barang di dalam kamar. “Bajindul,” maki Arif Uyuhono dalam hati.

Lama-lama bahasa “jangan-jangan” itu menjadi sebuah kepastian bahwa Andre Rolade benar-benar berbuat mesum bersama Tiwik istrinya. Harus diakui, istri Arief Uyuhono ini memang cantik, sehingga banyak yang pengin “nguyuh penak” bersama wanita itu. Dan Arief Uyuhono memastikan, Ander Rolade baru saja “nguyuhi” bininya.

Diam-diam dia ambil linggis pengupas kelapa. Begitu Andre Rolade keluar mau pulang, langsung kepalanya digebuk pakai linggis maut itu. Tentu saja sang tamu ambruk mandi darah, dan Arief Uyuhono kabur. Esok paginya dapat kabar bahwa Andre Rolade tewas di RS Saiful Anwar, dan Erief pun tak berkutik ketika ditangkap polisi. “Saya curiga, keduanya sudah berbuat mesum.” Kata suami Tiwik ini dalam pemeriksaan.

Punya istri cantik ditinggal di penjara, ya percuma saja. (BJ/Gunarso TS)