Friday, 20 July 2018

Anies Minta Warga Tak Ikut – ikutan Mencari Buaya

Sabtu, 30 Juni 2018 — 14:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri) bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy. (yendhi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kiri) bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy. (yendhi)

JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, meminta masyarakat selain petugas tidak ikut masuk ke gorong-gorong untuk mencari buaya karena akan sangat berbahaya.

“Gini, yang penting bahwa satu waspada aparat kita sedang bekerja untuk mencari, bukan sesuatu yang mudah tetapi juga selain petugas nggak usah masuk ke gorong-gorong dulu nggak usah masuk ke tempat-tempat yang potensi, kecuali yang bertugas jadi gampang,” kata Anies di SMK Negeri 26 Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (30/6/2018).

Fenomena kemunculan buaya, disebut Anies adalah kasus yang tidak biasa. Dia meminta agar petugas yang mencari hewan reptil itu tetap waspada dan berhati-hati. Bagi warga yang menemukan buaya tersebut pun agar segera melapor.

“Di sisi lain ijinkan petugas menuntaskan kerjaan bersama-sama dengan ahli, karena memang bukan sesuatu yang biasa kita alami jadi ini kondisi external genery beri waktu, yang penting kitanya waspada dan bila menemukan sesuatu maka laporkan,” ucap Anies.

Selain itu, kepada masyarakat diharapkan tidak menyebarkan isu lain yang menambah keresahan masyarakat. Bagi warga yang mendapat informasi agar memastikan terlebih dahulu kebenarannya. “Yang kedua jangan membuat kabar-kabar yang membuat kecemasan tidak perlu, sering kali kita melihat kabar beredar tanpa ada tanggalnya tanpa ada waktunya seakan-akan baru kejadian dan itu yang harus kita hindari. Jadi gitu yak,” pungkas Anies.

Sebelumnya, warga dihebohkan dengan kemunculan dua ekor buaya diperkirakan berukuran satu meter dan satu lagi berukuran kecil pada Selasa (26/6/2018) di kali grogol. Kemunculan hewan reptil tersebut sempat di abadikan oleh warga dengan smartpone nya. Selang sehari, petugas PPSU Kelurahan Grogol juga melihat buaya berukuran kecil.

Penemuan buaya bukan kali pertama. Sebelumnya hewan pemakan daging itu juga menampakkan diri diperairan Pondok Dayung, Jakarta Utara dan Kanal Banjir Timur (KBT). Namun, hingga kini buaya buaya tersebut belum tertangkap. (yendhi/mb)