Monday, 19 November 2018

Koalisi Umat Madani Tentukan Cawapres untuk Amien Rais Ditetapkan Ijtima Ulama

Sabtu, 30 Juni 2018 — 16:03 WIB
Amien Rais (toga)

Amien Rais (toga)

JAKARTA – Koalisi Umat Madani meminta dan mendukung Amien Rais sebagai Calon Presiden 2019 nanti. Tokoh Alumni 212 sekaligus perwakilan dari Koalisi Madani, Eggi Sudjana mengatakan Calon Wakil Presiden bagi Amien Rais akan ditetapkan ijtima ulama.

“Dari koalisi umat itu memakai konsep tau diri. Dalam pengertian kita nanti Insya Allah tanggal 20 atau 21, 23 Juli akan ada ijtima,” ujar Egi Sabtu (30/6/2018) di Al-Jazeera Restaurant, Jakarta Timur.

Nantinya akan ada sekitar 1.500 ulama yang akan dikumpulkan bersama dengan Persatuan Alumni 212. Egi menambahkan, ijtima ini akan melanjutkan dari hasil Rakornas 212 di Cibubur lalu. Ia pun mengungkapkan, sebenarnya dari rakornas tersebut terdapat sembilan nama yang direkomendasikan sebagai Wakil Presiden.

“Tapi dalam fokus yang dalam pengertian kebersamaan umat, kekompakan umat kita tunggu ijtima ulama. Insya Allah dari tanggal 20 sampai 23 di bulan Juli,” tambahnya.

Ketua Koalisi Umat Madani Letjen TNI AD (Purn) Syarwan Hamid menjelaskan, Calon Wapres ini nantinya dipilih yang terkuat. Sebab, Cawapres dan Capres ini diharapkan dapat menjadi kombinasi yang tepat dan kuat sehingga dapat menjatuhkan petahana. Namun terkait ‘nama’ yang dianggap kuat untuk mendampingi Amien Rais, Syarwan enggan mengungkapkan hal tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan kalau Koalisi Umat Madani ini memiliki kekuatan dari Ormas. Tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali Parpol yang mendukung.

“Saya tidak bisa merinci, tapi kekuatan kita kan ada di ormas. Saya tidak mau mendahului mereka, tetap dalam pembicaraan informal, banyak ormas yang mendukung. Kita mengharapkan Amien Rais memiliki akses yg kuat ke partai-partai koalisi. Kedekatan-kedekatan itu memberikan peluang bagi Amien Rais untuk bisa maju,” serunya. (cw2/b)