Thursday, 19 September 2019

Besok Tiga Ruas Jalan di Jaktim Diberlakukan Ganjil-Genap

Minggu, 1 Juli 2018 — 20:50 WIB
sistem ganjil genap

JAKARTA – Tiga ruas jalan di wilayah Jakarta Timur akan dilakukan uji coba pemberlakuan kendaraan ganjil genap, besok, Senin (2/7/2018). Sebanyak 100 petugas pun disiapkan di Jalan MT. Haryono, Jalan DI Panjaitan dan Jalan Ahmad Yani untuk penerapan guna mengurangi kendaraan selama pelaksanaan Asian Games.

Kepala Seksi Lalu Lintas Sudinhub Jakarta Timur, Andreas Eman mengatakan, pelaksanaan uji coba ganjil genap itu sendiri akan berlangsung mulai 2 Juli hingga 31 Juli mendatang. Dan pada 1 Agustus, pelaksanaan akan dilakukan ganjil genap itu akan diberlakukan. “Pelaksaannya pun berbeda, mulai dari pukul 06;00 hingga pukul 21:00 atau 15 jam terus menerus,” katanya, Minggu (1/7/2018).

(BacaGanjil-Genap di Jakarta Diperluas, Waktunya 15 Jam)

Dinas Perhubungan DKI juga sudah menyiapkan angkutan umum untuk menunjang pelaksanaan ganjil genap. Dimana warga yang sebelumnya menggunakan mobil pribadi, bisa beralih menggunakan bus Transjakarta agar bisa tetap ke tempat tujuannya. “Kami juga berharap bisa mendukung pelaksanaan ini sebagai upaya mendukung pelaksanaan Asian Games,” ujar Eman.

(BacaKelanjutan Sistem Ganjil-genap Setelah Asian Games, Ini Penjelasan Anies)

Pihaknya, sambung Eman, juga akan menempatan 100 personel ini untuk membantu kelancaran lalu lintas. Sebab diprediksi saat uji coba penerapan ganjil genap, akan terjadi kepadatan lalu lintas di jalan-jalan penghubung dan jalan lingkungan. “Perkiraan kami akan terjadi kepadatan yang disebabkan kendaraan yang menghindar, makanya kami siagakan petugas,” tambahnya.

(BacaSambut Asian Games 2018 Penerapan Ganjil-Genap Diperluas, Ini Titik-titik Lokasinya)

Seluruh personel yang dikerahkan itu nantinya membantu mengarahkan pengendara yang akan masuk kawasan ganjil genap. Dimana ada 10 titik lokasi yang diperkirakan akan mengalami kemacetan, sehingga perlu ditempatkan petugas. “Ke-10 titik yang akan dijaga karena disinyalir kawasan tersebut menjadi lintasan peralihan kendaraan selama pelaksanaan ganjil genap,” ungkapnya.



Sekadar Informasi, kawasan yang menjadi zona ganjil genap di Jakarta Timur yakni :

  1. Ruas Jalan MT Haryono, mulai dari simpang UKI sampai Pancoran.
  2. Jalan DI Panjaitan, mulai dari Simpang Pemuda – Simpang Kalimalang – Simpang UKI.
  3. Jalan Ahmad Yani, mulai dari Simpang Perintis Kemerdekaan sampai Simpang Jalan Pemuda. (ifand/ys)