Thursday, 20 September 2018

Sambut Asian Games 2018, PKL Kramatjati “Dipaksa” Libur

Minggu, 1 Juli 2018 — 20:07 WIB
Festival obor Asian Games yang digelar kecamatan Kramatjati. (ifand)

Festival obor Asian Games yang digelar kecamatan Kramatjati. (ifand)

JAKARTA – Festival obor Asian Games digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur di 10 kecamatan, Minggu (1/7/2018). Pelaksanaan ini dilakukan sebagai sosialisasi agar warga ikut menyemarakan pesta olahraga se-Asia Tenggara yang akan berlangsung Agustus mendatang.

Di Kecamatan Kramatjati, replika obor Asian Games diarak ke delapan kelurahan di wilayahnya. Warga pun menyambut antusias acara yang dilepas Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana. Ia pun berharap warga ikut mendukung pesta olahraga yang digelar di Jakarta dan Palembang ini.

“Hari ini kami membawa replika obor itu keliling masing-masing kelurahan dengan bermaksud untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kita akan ada event internasional. Dan saya minta agar masyarakat mendukung, karena ini belum tentu 50 tahun sekali kita dapat (menjadi tuan rumah),” ujar Bambang.

(BacaWalikota Jakarta Timur Lepas Peserta Festival Obor Asian Games 2018)

Sementara itu, Camat Kramatjati Eka Dharmawan, mengaku sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk menyambut Asian Games. Pasalnya, pada tanggal 14 dan 15 Agustus mendatang, obor Asian Games akan diarak mulai dari wilayahnya. “Semua persiapan sudah matang, tinggal menunggu pelaksanaannya saja,” ujarnya.

Eka menambahkan, pihaknya juga akan meliburkan pedagang kaki-5 yang biasa berjualan di depan pasar Kramatjati selama dua hari. Langkah itu diambil sebagai upaya wilayahnya menyambut pesta olahraga se-Asia Tenggara ini. “Mereka (pedagang) sudah siap untuk diliburkan selama dua hari dengan tidak berjualan,” ujarnya.

(BacaSelesai Diarak, Replika Obor Asian Games 2018 Diterima Camat Kramatjati)

Diliburkannya pedagang, kata Eka, selain untuk mendukung juga pihaknya ingin melakukan pembersihan di wilayah itu. Dimana nantinya, pihak kecamatan akan bekerja sama dengan Sudin lingkungan hidup untuk menyemprot kawasan tersebut. “Kawasan itu kan dikenal dengan pedagang ikan, jangan sampai nanti begitu dilintasi mengeluarkan bau tak sedap, makanya kami minta mereka libur,” ungkapnya.

(BacaWapres Jusuf Kalla : ‘Venue’ Asian Games 2018 Siap Digunakan)

Selain itu, sambung Eka, pihaknya juga sudah menyiapkan 2000 warga untuk tumpah ke jalan. Warga kecamatan Kramatjati itu akan menyambut melintasnya obor yang akan melewati jalan Raya Bogor. “Sebagian besar warga juga sudah bersiap, hal itu juga terlihat saat replika obor Asian Games yang melintas tadi,” pungkasnya. (ifand/ys)