Thursday, 20 September 2018

Warga Jakarta Timur Sambut Antusias Festival Jelang Obor Asian Games 2018

Minggu, 1 Juli 2018 — 9:08 WIB
Pembawa replika obor Asian Games 2018.(Cw2)

Pembawa replika obor Asian Games 2018.(Cw2)

JAKARTA –  Warga sambut antusias Festival Jelang Obor Asian Games 2018 yang dilepas Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dari Kantor Kecamatan Kramat Jati, Minggu (1/7/2018).

Bambang sangat mengapresiasi sambutan warga terhadap kegiatan ini.

“Sepanjang jalan sudah banyak yang nunggu, berarti antusiasme masyarakat juga tinggi ya. Berarti kerja sama antara Pak Camat, Pak Lurah, RT, RW, dengan tokoh masyarakat dan masyarakat itu sendiri bersinergi,” ujar Bambang .

Di Jakarta Timur, lanjutnya, ada 10 kecamatan yang ikut berpartisipasi dalam Festival Jelang Obor, di antaranya Kecamatan Kramat Jati, Pasar Rebo, Cakung, Duren Sawit,Makasar,  Jatinegara, Matraman, Pulogadung, Ciracas dan Cipayung.

Camat Kramat Jati Eka Darmawan mengungkapkan bahwa ada sekitar kurang lebih 31 rombongan yang berpartisipasi, di 31 titik yang ada di wilayah Kecamatan Kramat Jati. Di mana tiap-tiap rombongan ini harus berlari dengan jarak tempuh 500 meter.

Tidak hanya tokoh masyarakat saja yang dilibatkan, tetapi juga para pelajar SMA/SMK sederajat yang ikut meramaikan.

“Seperti yang sudah ditentukan, 500 meter jarak berlari dan di sini tidak ada yang pakai mobil, semuanya lari. Dan di sini yang terlibat ada delapan sekolah tingkat SMA dan SMK, dengan tokoh masyarakat di wilayah kelurahan masing-masing,” kata Eka.

Lebih lanjut, ia menjelaskan rute Festival Jelang Obor Asian Games 2018 di Kecamatan Kramat Jati di mana garis awal berlokasi di Kantor Camat Kramat Jati. Setiap rombongan akan bergantian dengan rombongan lainnya tiap jarak 500 meter. Lalu dari Kantor Camat Kramat Jati akan menuju Kelurahan Dukuh. Selanjutnya dari Kelurahan Dukuh menuju Kelurahan Batu Ampar, Kelurahan Balekambang, Kelurahan Cililitan, lalu ke Kelurahan Cawang.

Dari Kelurahan Cawang, para pelari Festival Jelang Obor ini akan kembali menuju ke Cililitan dan mencapai garis akhir di Kantor Camat Kramat Jati kembali.

Camat Kramat Jati ini menjelaskan, sedari awal ia sudah mensosialisasikan Festival Jelang Obor ini kepada para rokoh masyarakat. Sehingga pada hari ini festival pun disambut baik oleh masyarakat.

“Kita juga sudah lakukan sosialisasi. Terutama di pertemuan-pertemuan dengan tokoh masyarakat, apalagi ini momennya halal bihalal. Pas halal bihalal kita sampaikan, mereka memahami ini. Makanya di lintasan-lintasan itu sudah mulai menyemarakan,” tambahnya.

Ia pun sependapat dengan Walikota Jakarta Timur, kalau warga antusias menyambut Festival Jelang Obor Asian Games 2018 ini. (Cw2/tri)