Friday, 21 September 2018

Problem Ganjil Genap

Selasa, 3 Juli 2018 — 5:05 WIB

UJI coba sistem  ganjil genap yang diperluas  di wilayah Jakarta menjelang Asian Games 2018 mulai diberlakukan. Uji coba ini dijadwalkan dari 2-31 Juli.  Setelah itu, 1 Agustus ganjil genap resmi diterapkan.

Adapun penerapan di beberpa  ruas jalan seharinya selama 15 jam, dari pukul 06.00 – 21.00. Memuluskan penerapan  ganjil genap, Pemprov DKI Jakarta berjanji menambah angkutan kota dan menyiapkan jalur alternatif. Tujuannya tentu untuk mengurangi gangguan terhadap aktivitas warga.

Hari pertama diterapkan ganjil genap, banyak pengendara mobil yang tidak tahu dengan kebijakan itu. Karuan saja, ruas jalan yang ditetapkan untuk ganjil genap masih saja macet.

Bukan itu saja pantauan di lapangan, ruas jalan yang diberlakukan ganjil  genap masih minim  rambu lalu lintas.  Wajar saja bila pengendara mobil yang nomor polisinya tidak sesuai tetap saja melintas di ruas jalan yang telah ditetapkan sistem tersebut.

Demi suksesnya Asian Games 2018, pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta memang sudah seharusnya berbenah dan menata kota tempat berlangsungnya pesta olahraga bangsa-bangsa Asia itu, termasuk memperluas ruas jalan yang diberlakukan  ganjil genap.

Publik pun pasti mendukung dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang memperluas  ganjil genap itu. Namun, agar masyarakat  mengetahui adanya kebijakan baru, perlu menggencarkan sosialisasi Pemprov DKI Jakarta juga segera melengkapi  rambu-rambu lalu lintas yang memadai di ruas jalan yang ditetapkan sebagai jalur ganjil genap. Pantauan di lapangan, hampir sebagian besar ruas jalan yang diberlakukan  sistem itu  belum dilengkapi rambu lalu lintas serta sarana dan prasarana yang memadai.

Asian Games 2018 yang dijadwalkan mulai 18 Agustus – 2 September di Jakarta-Palembang harus sukses. Sebab, kegiatan ini bukan sekadar olahraga semata, tetapi nama bangsa juga dipertaruhkan. Pesta olahraga ini adalah momentum Indonesia untuk melambungkan citra di mata dunia.

Apalagi even ini juga banyak manfaatnya, seperti menjadi  sarana mempromosikan obyek wisata Indonesia, membangkitkan olahraga nasional, membranding citra bangsa, dan lainya.

Keuntungan lain,  dengan pembangunan dan penataan infrastruktur yang masif  terkait Asian Games 2018 juga bisa mendapatkan manfaat jangka  panjang demi kemajuan Indonesia.

Hanya saja problem-problem  dalam perluasan ganjil genap yang total panjang perlintasannya sampai 37 kilometer itu segera diatasi, sehingga tidak terlalu menyulitkan  warga beraktivitas. @*