Tuesday, 13 November 2018

Berdasi Merah, Najib Razak Hadiri Sidang Tuntutan

Rabu, 4 Juli 2018 — 9:02 WIB
Najib Razak tiba di Pengadilan Malaysia dengan pengawalan ketat. (reuters)

Najib Razak tiba di Pengadilan Malaysia dengan pengawalan ketat. (reuters)

MALAYSIA – Otoritas Malaysia membawa mantan Perdana Menteri Najib Razak ke pengadilan Rabu (4/7/2018), untuk menghadapi dakwaan ganda atas skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Najib(64), ditangkap di rumahnya pada Selasa (3/7/2018) sore waktu setempat. Reuters melaporkan, setelah menghabiskan malam di penjara, sekitar pukul 8.20 pagi waktu Malaysia Najib tiba di komplek pengadilan di ibukota Malaysia Kuala Lumpur, mengenakan setelan biru gelap dan dasi merah. Kerumunan media dan penonton yang ingin tahu berdesakan untuk melihat sekilas mantan perdana menteri mereka tersebut.

Terlihat pula beberapa anggota partai UMNO yang memberikan teriakan dukungan, dan poster solidaritas untuk Najib.

Laporan media mengatakan, Jaksa Agung Malaysia Tommy Thomas akan memimpin sidang tuntutan terhadap Najib.  Sumber menyebutkan, kemungkinan Najib akan menghadapi banyak tuduhan. Tuduhan itu diperkirakan berkaitan dengan bagaimana 42 juta ringgit (10,6 juta dolar AS) yang berasal dari SRC International, unit 1MDB sebelumnya, bisa masuk ke rekening bank pribadi Najib.

Itu hanya sebagian kecil dari jumlah total yang diduga disalahgunakan dari 1MDB. Departemen Kehakiman AS mengatakan, lebih dari 4,5 miliar dolar AS disedot dari dana itu.

Seorang juru bicara untuk Najib mengatakan pada hari Selasa bahwa tuduhan SRC dan investigasi 1MDB terhadap mantan pemimpin itu “bermotif politik”, dan bahwa Najib akan menyangkal tuduhan ini dan membersihkan namanya di pengadilan.

Najib sebelum penangkapan merilis sebuah rekaman pesan ke akun Twitter miliknya. Dalam pesan tersebut, Najib membantah semua tuduhan terhadap dirinya dan keluarganya. “Biarkan penyelidikan dilakukan. Saya belum sempat membela diri, ”katanya. (mb)