Thursday, 20 September 2018

Cicil Uang Jaminan, Najib Razak Dibebaskan

Kamis, 5 Juli 2018 — 10:26 WIB
Nejib Razak usai menjalani sidang di Pengadilan Malayasia. (reuters)

Nejib Razak usai menjalani sidang di Pengadilan Malayasia. (reuters)

MALAYSIA – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dibebaskan setelah dua anaknya, Mohd Norashman Najib dan Nooryana Najwa Najib membayar sebagian dari jaminan 1 juta ringgit, yang ditetapkan Mahkamah Tinggi Kualalumpur, pada Rabu (4/7/2018). Selain membayar jaminan, mereka juga menyerahkan paspor diplomatik dan paspor umum sebagai jaminan.

Dilansir AP, Najib langsung meninggalkan pengadilan menuju tempat tinggalnya setelah jaminan terhadapnya dibayarkan. Disebutkan, jika pembayaran jaminan tersebut dilakukan dua kali (cicil) yang itu pada 4 Juli dan pembayaran kedua dilakukan pada 9 Juli mendatang.

Sementara itu, Najib dengan tegas membantah tiga dakwaan yang berkaitan dengan aliran dana dari SRC Internasional ke rekening pribadinya. Disebutkan, jika Najib merugikan negara hingga 42 juta ringgit.

“Jika ini harga yang saya terpaksa bayar karena 42 tahun mengabdi untuk rakyat dan negara, saya akan rela,” kata Najib Razak kepada media menanggapi dakwaan yang dijatuhkan kepadanya.

Seperti diketahui, Najib Razak ditahan oleh badan antikorupsi terkait dugaan korupsi lembaga investasi negara, 1MDB pada Selasa (3/7/2018) sore. (mb)