Wednesday, 19 September 2018

Sudah Kantongi Nama Cawapres Jokowi: Tinggal Diumumkan

Sabtu, 7 Juli 2018 — 23:24 WIB
dahdikan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menepis tudingan ia kebingungan dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres). Jokowi mengaku sudah mengantongi nama yang akan digandengnya pada Pilpres 2019.

Sudah ada (nama capwapresnya) tinggal diumumkan,” kata Jokowi usai menghadiri rembuk nasional aktivis 98 di Jiexpo Kemayoran, Sabtu (7/7/2018). Dia akan mengumumkan cawapresnya saat waktunya sudah tepat. “Tunggu. Ini kan tinggal nunggu berapa hari, masa’ gak sabar,” ujar Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan masa pendaftaran calon presiden pada 4 Agustus-10 Agustus 2018, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan pada 5-13 Agustus 2018.

Nama-nama yang muncul sebagai cawapres Jokowi antara lain Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Puan Maharani. Dari luar partai politik ada nama Mahfud MD, termasuk nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

CAPRES PRABOWO

Sementara itu Prabowo Subianto masih melakukan lobi politik untuk mendapatkan cawapres. Ada nama Anies Baswedan dan juga Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Prabowo ketika dikomfirmasi soal munculnya nama AHY sebagai pendampingnya, dia mengatakan masih akan berdiskusi. “Saya akan bahas dengan mitra-mitra saya,” ungkap Prabowo usai menghadiri acara halal bihalal dan reuni akbar Korps Baret Merah Kopassus di GOR Ciracas, Sabtu (7/7).

Soal munculnya nama Anies Baswedan, Prabowo menilai Gubernur DKI Jakarta itu salah tokoh muda yang dipandang capable (mampu). “Jadi saya kira beliau calon serius juga. calon wakil yang serius,” kata Prabowo.

Sedangkan Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan koalisi partai politik yang mendukung capres Amien Rais dan Prabowo, tetap akan memperjuangkan nama Zulkifli Hasan untuk untuk mendampingi Prabowo.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto pun menyebut kendati Prabowo melirik Anies dan AHY, pihaknya akan tetap memperjuangkan Zulkifli. “Kami pasti all out mendorong Bang Zul (Zulkifi) supaya bisa menjadi salah satu kontenstan Pilpres. Bang Zul kita dorong cawapres,” tegas Yandri, Sabtu (7/7).
Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno mengatakan, ada tiga nama dinilai layak disandingkan dengan Prabowo Subianto. Mereka: Anies Baswedan Agus Harirumurti Yudhoyono (AHY) dan pengusaha Chairul Tanjung (CT). (rizal/johara/ird)