Sunday, 16 December 2018

Lainnya Dikeluarkan Bertahap

Empat dari 12 Bocah Thailand yang Terjebak di Gua Berhasil Diselamatkan

Senin, 9 Juli 2018 — 8:31 WIB
reuters

reuters

THAILAND – Empat dari 12 bocah lelaki  tim sepak bola Wild Boar yang terjebak di gua Tham Luang, Provinsi Chiang Rai Utara, Thailand pada 23 Juni akibat  banjir, berhasil diselamatkan Angkatan Laut Thailand.

Sebelumnya, ke 12 bocah lelaki yang terperangkap di gua bersama pelatihnya tersebut juga sempat mengirimkan pesan mengharukan ke  keluarga masing-masing.

Seperti dikutip dari 1 News, TVNZ  yang menayangkan laporan menit-menit penyelamatan secara live, disebutkan bahwa empat siswa berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit di Chiang Rai lewat transportasi udara, sejauh sekitar 65 km dari lokasi.

Sementara sisanya akan berangsur dibawa keluar, yang membutuhkan waktu total sekitar empat hari.

Pemilihan penyelamatan didasarkan kepada anak-anak yang memiliki fisik terkuat, dan selanjutnya akan dibagi per kelompok sebanyak empat orang, tiga orang, tiga lagi, serta terakhir juga tiga orang.

Sementara dari operasional misi penyelamatan ini sendiri, telah diterjunkan 13 penyelam Angkatan Laut Kerajaan Thailand.

Korban pertama berhasil mereka bawa ke permukaan sekitar pukul 17.40 waktu setempat atau sama dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Lantas menyusul kedua sekitar 10 menit sesudahnya, disusul yang ketiga dan keempat sampai sekitar pukul 19.30 tadi. Operasi penyelamatan ditutup sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Agar operasi berhasil di hari-hari berikutnya, kondisi alam dan cuaca mesti stabil seperti yang terjadi hari ini. Dan para penyelam juga menambah pasokan oksigen ke dalam gua, mengingat persediaan telah digunakan untuk penyelamatan tadi.

Saat berita ini diturunkan, CNN melaporkan bahwa hujan deras tengah melanda kawasan sekitar Tham Luang, yang dikhawatirkan berdampak terhadap operasi penyelamatan esok hari.(Tri)