Thursday, 20 September 2018

Indramayu Kini Punya Air Terjun

Senin, 9 Juli 2018 — 6:15 WIB
air-terjun

INDRAMAYU– Awalnya banyak yang tidak percaya bahwa di Indramayu Jawa Barat ada air terjun. “Ah itu cuma omong kosong,” tutur Julianto, 21 seorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Kabupaten Indramayu setengah tidak percaya.

Tapi setelah ditunjukkan foto-foto bangunan air terjun itu, barulah Julianto percaya. Julianto warga pribumi Kota Indramayu. Tapi dia sama sekali tidak mengetahui ada bangunan air terjun yang dibiayai APBD Pemkab Indramayu. Maklum, selama proses awal pembangunan hingga sekarang nyaris rampung, terbilang sangat miskin publikasi.

Padahal, air terjun buatan itu bakal beroperasi 7 Oktober 2018. Selama proses pembangunan air terjun, pekerja kontraktor sengaja menutup rapat-rapat bangunan air terjun itu menggunakan dengan pagar yang berlapis dua.

Pagar pertama, yaitu pagar darurat terbuat dari seng, layaknya pagar proyek. Pagar kedua terletak di dalam pagar seng merupakan pagar permanen. Terbikin dari tembok. Pagar permanen inilah yang nantinya digunakan pengelola air terjun untuk membatasi pengunjung.

Meskipun letak bangunan air terjun berada di komplek Waduk Bojongsari bersebelahan dengan Kolam Renang dan Taman Air Bojongsari yang masuknya berbayar, namun pengunjung tidak otomatis bisa memasuki bangunan air terjun.

Untuk bisa masuk ke bangunan air terjun pengunjung harus merogoh kocek lagi alias membeli karcis tanda masuk.

Air terjun itu sebagaimana yang dipahami terbentuk alami. Adanya di daerah pegunungan, perbukitan. Bukan di daerah landai seperti kondisi geografis Kabupaten Indramayu.

terjunair

Air terjun buatan manusia di Kota Indramayu airnya bening, karena menggunakan air lefeng yang dipompa melaui jaringan pipa ke bak penampungan yang berada di bagian atas. Air lalu sengaja ditumpahkan ke bawah. Bangunan paling sama sekali tidak boleh dinaiki pengunjung karena bisa membayakan keselamatan. Pengunjung cukup menikmati guyuran air dari atas ketinggian.

Jika dilihat dari dekat air terjun buatan itu cukup menarik. Bangunannya berkonstruksi semen segi empat. Di samping kiri dan kanan dinding air terjun dipenuhi tanaman. Dan dinding bagian depan dibuat model relief batu besar yang bentuknya indah dan menarik.

Belum diketahui dengan pasti berapa tarif tanda masuknya. Namun jika membandingkan dengan tarif masuk pemandian umum yang sudah ada, diperkirakan tarifnya tak lebih dari Rp25 ribu per orang. Air terjun Bojongsari menjadi wahana baru bagi pecinta wisata air di Kota Indramayu. (taryani/b)