Tuesday, 20 November 2018

Warga Purwakarta Gandrungi Terapi Ikan

Senin, 9 Juli 2018 — 5:08 WIB
spafish

PURWAKARTA – Terapi kesehatan dengan media ikan atau yang sering disebut dengan fish spa sedang digemari oleh warga di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Terapi yang populer sejak awal tahun 2000-an itu, kini dapat dinikmati dengan gratis di kolam kecil milik Abdullah, 38, warga Gang Gelatik, Kelurahan Cipaisan, Kab Purwakarta.

Ikan yang digunakan sebagai media terapi adalah Ikan Garra Rufa yang berukuran kecil sekitar 5-10 inci. Ikan tersebut berasal dari Turki, negara yang pertama kali mempopulerkan fish spa.

Terapi ikan sendiri dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan bekas lupa dan juga mampu memenangkan pikiran.

“Silakan kalau mau terapi ikan di sini gratis. Insya Allah terapinya bermanfaat,” ujar Aab, panggilan karib Abdullah, Minggu (08/07/2018).

Didin, 29, seorang warga setempat mengaku sering merendam kakinya di kolam ikan terapi milik Abdullah. Ia mengatakan setelah kakinya direndam dan digigit/dijilat selama beberapa menit oleh ikan, ia merasa tubuhnya lebih rileks terutama diwilayah kaki.

“Kalau kaki sudah terasa pegal-pegal saya suka merendam kaki dikolam ikan ini. Saya biarkan kaki digigit gigit ikan selama 5 menit lalu diangkat. Setelahnya, perasaan tubuh lebih rileks,” jelasnya. (dadan/b)