Friday, 21 September 2018

Pelebaran Trotoar Sudirman-Thamrin Masih Berantakan

Selasa, 10 Juli 2018 — 1:12 WIB
Maket penataan jalur pedestrian di Jalan MH Thamrin-Sudirman.

Maket penataan jalur pedestrian di Jalan MH Thamrin-Sudirman.

JAKARTA – Proyek trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin yang diplot untuk menyambut Asian Games 2018 hingga kini masih berantakan. Padahal, sebulan lagi pesta olahraga bangsa-bangsa Asia itu digelar.

Pantauan di lapangan, trotoar di sepanjang jalan protokol itu masih ditutup seng. Pekerja sibuk membongkar trotoar-trotoar tersebut. Pelebaran trotoar sudah dirancang sejak 2017 lalu.

Rencananya trotoar yang kini lebarnya rata-rata 3 meter hingga 5 meter itu, bakal dilebarkan menjadi 10 meter hingga 12 meter. Trotoar di sana juga nantinya terintegrasi dengan sarana transportasi MRT (Mass Rapid Transit).

AKHIR JULI

Gubernur Anies Baswedan mengakui di beberapa titik masih ada yang dikerjakan. “Tapi saya yakin pekerjaan ini tuntas sebelum Asian Games digelar,” katanya, kemarin.

Saat ini pekerja terus menggebernya. Bukan itu saja, pohon-pohon Palm juga mulai ditanami. Anies pun menargetkan akhir Juli 2018 proyek tersebut sudah rampung.

Wakil Gubernur Sandiaga Uno juga memastikan pelebaran trotoar rampung pada 22 Juli 2018. “Saya lewat, sebagian dari tempat itu lagi dikerjakan. Malah saya lari di depan Jalan Asia Afrika sudah jadi. Kami sudah sepakati 22 Juli, semuanya akan rampung,” ucapnya.
Target itu penting sebab pelaksanaan Asian Games 2018 sudah semakin dekat. “Kami tidak ingin Jakarta buruk di mata tamu,” tegasnya seraya menambahkan, untuk memberikan rasa aman terkait pelaksanaan Asian Games, pengamanan di Jakarta juga diperketat. (john/st)