Monday, 16 July 2018

Lewat Pawai Irmus, Nurul Huda Edukasi Masyarakat Jaga Kelestarian Rajungan

Rabu, 11 Juli 2018 — 10:41 WIB
Replika habitat laut, Rajungan diusung dalam arak-arakan Irmus Nurul Huda sebagai edukasi masyarakat menjaga kelestarian alam. (taryan)

Replika habitat laut, Rajungan diusung dalam arak-arakan Irmus Nurul Huda sebagai edukasi masyarakat menjaga kelestarian alam. (taryan)

INDRAMAYU –  Ikatan Remaja Mushola (Irmus) Nurul Huda, Desa Sukahaji, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengedukasi masyarakat menggelar pawai mengusung replika Rajungan, salah satu  hewan laut yang saat ini keberadaannya mulai langka dan terancam punah karena kegiatan perburuan para nelayan.

Menurut ketua panitia pawai,  Amri Saifullah Yusuf,   dipilihnya replika hewan tersebut tujuannya  mengedukasi atau memberikan penerangan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian alam,  khususnya melindungi Rejungan sebagai salah satu habitat laut yang semakin langka dan terancam punah.

“Dengan adanya pawai itu kita  ingin mengedukasi masyarakat melalui simbol – simbol hewan Rajungan sebagai salah satu binatang yang mulai langka sehingga masyarakat dapat menjaga dan melestarikannya,” katanya.

Disamping itu, pawai juga sebagai upaya melestarikan adat istiadat masyarakat,   agar keberadaannya tetap lestari sepanjang masa. “Pawai ini sekaligus merupakan  ungkapan syukur kita kepada Allah Swt,” ujar Amri.

Salah seorang warga,  Suganda, Rabu (11/7/2018) mengapresiasi kegiatan positif pawai yang dihelat tiap tahun. “Kegiatan ini ke depan agar terus ditingkatkan kualitasnya. Ini sebagai upaya menumbuhkembangkan  kreatifitas  di kalangan pemuda.  Generasi muda yang tergabung dalam Irmus Nurul Huda merupakan sosok pemuda-pemudi  yang kreatif, inofativ, serta mempunyai bakat seni yang bagus,” ungkap Suganda.

Arak – arakan yang melibatkan ratusan warga Desa Sukahaji itu dinilai Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukahaji. Dan Kepala Desa Sukahaji, H. Aan Supriyanto tentu saja memberikan sejumlah hadiah. (taryani/mb)