Saturday, 15 December 2018

Masih Terbuka Untuk Menantang Jokowi di 2019

Rabu, 11 Juli 2018 — 21:10 WIB
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meninjau kesiapan Gelora Bung Karno, di Senayan, Jakarta, (setkab)

Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meninjau kesiapan Gelora Bung Karno, di Senayan, Jakarta, (setkab)

JAKARTA –Joko Widodo tak tergoyahkan dalam survei-survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Posisinya selalu teratas dibandingkan dengan rival-rivalnya seperti dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia).

Survei KedaiKOPI menunjukkan di angka 47,8 persen untuk Joko Widodo. “Elektabilitas Pak Jokowi masih dominan dibandingkan tokoh nasional lainnya. Jokowi juga didukung dengan kepuasan publik terhadap pemerintahan yang berada di angka 68 persen,” ujar peneliti KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, Rabu (11/7).

Prabowo masih tetap mengikuti Jokowi dengan 24,4 persen, lalu secara berturut-turut Gatot Nurmantyo 2,6 persen, Anies Baswedan 1,8 persen, Rizal Ramli 1,4 persen, dan SBY 0,4 persen.

Meski Jokowi berada jauh di atas nama lainnya,  Kunto menyebutkan peluang tokoh nasional lainnya masih terbuka untuk menantang Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Alasannya, dari hasil survei itu baru 39,1 persen pemilih yang menentukan pilihan. Dengan demikian masih 26,9 persen yang baru akan menentukan pilihan pada waktu kampanye pilpres “Ada 32,9 persen yang baru akan memutuskan pada hari tenang atau ketika di bilik suara,” katanya.

Survei dilakukan di 10 provinsi dengan jumlah pemilih terbesar, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatera Selatan dan Riau. Jumlah responden 1148 orang dengan Margin of Error 2,89 persen pada interval kepercayaan 95 persen.(us)