Saturday, 15 December 2018

Ronaldo ke Juventus: Rp1,8 Triliun Harga Itu Pantas atau Berlebihan?

Rabu, 11 Juli 2018 — 19:30 WIB
Toko di Italia sudah mulai menjual kaos Juventus dengan nama Ronaldo

Toko di Italia sudah mulai menjual kaos Juventus dengan nama Ronaldo

SPANYOL- Cristiano Ronaldo resmi diboyong Juventus dari Real Madrid dengan nilai transfer £99,2 juta atau setara dengan Rp1,8 triliun.

Namun, apakah angka tersebut cukup pantas diberikan kepada seorang pemain yang umurnya sudah mencapai 33 tahun? BBC mencoba untuk mengulik hal tersebut.

Di mana posisi Ronaldo dalam daftar pemain termahal tingkat dunia?

Kepindahan Ronaldo ke Juventus membuatnya menjadi pemain keempat termahal di dunia (dia juga merupakan pemain peringkat tujuh termahal saat pindah ke Real Madrid dari Manchester United pada 2009 lalu).

Ronaldo bisa saja berpindah ke posisi ketiga apabila nama Kylian Mbappe tidak dimasukkan dalam daftar tersebut (Mbappe berpotensi direkrut Paris St-Germain dengan nilai fantastis 180 juta euro atau Rp3 triliun).

Nilai transfer Ronaldo menjadi bayaran perpindahan pemain termahal yang pernah dibuat dalam sejarah bagi pemain yang berusia 30 tahun atau lebih.

Leonardo Bonucci dilaporkan mendapat bayaran 40 juta euro (Rp674,6 miliyar rupiah) saat pindah dari Juventus ke AC Milan pada musim panas lalu.

Apakah karier Ronaldo sedang merosot?

Bisa dibilang tidak demikian. 44 gol yang dia sumbangkan untuk Real Madrid pada musim lalu merupakan pencapaian ketiga terendahnya selama sembilan tahun berlaga di Bernabeu.

Jika gol-golnya untuk timnas Portugal dimasukkan, totalnya menjadi 54 gol. Namun demikian tetap saja hasil tersebut merupakan pencapaian terendahnya dalam satu musim semenjak 2009-10.

Setidaknya Ronaldo telah mencetak 22 gol dalam 13 laga terakhir di La Liga.
Selama dua tahun terakhir dia meraih dua penghargaan Ballon d’Or sebagai pemain top dunia. Sebelumnya, selama 2008-2015, penghargaan serupa dia boyong tiga kali.

Ronaldo juga sempat menorehkan namanya 11 kali dalam pergelaran Fifa Fifpro World XI dan Uefa Teams of the Year.

Dia memenangkan Liga Champions tiga tahun berturut-turut -dan memenangkan piala Sepatu Emas di turnamen tersebut selama enam musim terakhir- termasuk satu musim saat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak.

Trofi itu pernah dia rengkuh 10 tahun lalu ketika masih berlaga bersama Manchester United.

Dari 15 gol yang dicetaknya musim lalu, tiga di antaranya saat menjamu Juventus dengan tendangan akrobat yang membuatnya mendapatkan tepuk tangan meriah penonton di kandang Juventus.

Selain memenangkan piala Sepatu Emas di Liga Champions, Ronaldo juga berhasil mengakhiri La Liga sebagai pencetak gol kedua terbanyak, meski hanya mencetak empat kali pada paruh pertama musim.

Dia mengoleksi 22 gol mulai Januari hingga seterusnya, meskipun tidak bermain dalam tujuh pertandingan lainnya.

Ronaldo masih menjadi pencetak gol terbanyak kedua selama Piala Dunia 2018 dengan empat gol termasuk hattrick melawan Spanyol, meski Portugal tersingkir pada babak penyisihan 16 besar.

Gol-gol tersebut menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah sepak bola internasional dengan total 85 gol.
Apakah Rp1,8 triliun harga yang masuk akal bagi pemain berusia 33 tahun?

Jawabannya, ya, kata seorang ahli finansial sepak bola.

Rob Wilson dari Universitas Sheffield Hallam di Inggris mengatakan:

“Bahkan (kalaupun Ronaldo berharga) £100 juta (Rp1,9 triliun rupiah), peluang yang dapat diraih oleh Juventus nantinya akan lebih signifikan. Ditambah dengan kemungkinan Ronaldo akan mampu memperkuat tim, tampaknya cukup masuk akal bahwa mereka akan menjadi lebih sukses di dalam negeri dan akan lolos secara rutin ke Liga Champions.

“Hal itu berarti akan banyak sponsor, uang dari hak siar TV dan juga lebih banyak hadiah uang.”

Menurutnya uang yang didapatkan Juventus dari Ronaldo “lebih dari cukup untuk menutupi biaya transfer pemain tersebut bahkan gajinya sekalipun. Ronaldo juga akan mampu memikat pemain-pemain lainnya dan dapat membantu para pemain muda tim tersebut”.

“Memenangkan Liga Champions dapat menghasilkan uang sebanyak £100 juta (Rp1,9 triliun rupiah) dan niscaya dia akan benar-benar mencapai target tersebut. Potensi pemasaran membuat perekrutan Ronaldo masuk akal, meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Saya yakin dengan kemampuannya, terkecuali jika cedera parah menimpa, Ronaldo masih memiliki banyak sisa waktu dalam berlaga di papan atas klasemen.”

Bagaimana dengan kebugaran Ronaldo?

Sebanyak 44 pertandingan yang dia mainkan pada musim lalu merupakan jumlah laga paling sedikit yang pernah dimainkannya untuk Real Madrid dalam semusim.

Tapi, dia hanya melewatkan dua pertandingan karena cedera musim lalu dan diistirahatkan dalam beberapa pertandingan lokal sebab Real Madrid tidak mengejar peraihan gelar, namun lebih berfokus pada Liga Champions.

Dia tidak lagi menjadi pemain berstamina tinggi yang bermain melebar ke sayap, tapi lebih berperan sebagai penyerang tengah.

Dari 44 penampilannya di Real Madrid musim lalu, 31 di antaranya dia berkiprah sebagai striker dan 13 pertandingan lainnya sebagai sayap.

Pada 2013-14 sebelumnya dia hanya pernah satu kali tampil sebagai penyerang tengah.

Pada Mei lalui, Ronaldo menyampaikan, “Usia biologis saya saat ini adalah 23 tahun. Saya masih memiliki sisa waktu panjang dan saya masih bisa tetap bermain sampai usia 41 tahun.”

Selama Piala Dunia, Pelatih Portugal Fernando Santos mengatakan, “Dia seperti minuman Port Wine. Dia mampu mempertahankan kemampuannya yang terbaik, walau semakin menua.

“Dia terus berkembang, berbeda dengan pemain lainnya. Dia mampu memahami dirinya sendiri dan dia tahu apa yang bisa dia lakukan.

“Apa yang dia lakukan sekarang bukanlah apa yang dia lakukan tiga atau empat tahun sebelumnya, dan bukan apa yang akan dia lakukan dalam beberapa tahun yang akan datang.”

Dan Santos pun menilai bahwa Ronaldo bisa saja bermain kembali di Piala Dunia berikutnya pada usia 37 tahun.

“Ronaldo adalah yang terbaik di dunia dan saya berharap di Qatar nantinya dia akan mencetak gol selama berlangsungnya Piala Dunia tersebut.” (BBC)