Friday, 16 November 2018

Serapan Anggaran Rendah, Anies Perintahkan Pejabat Baru Segera Bekerja :

Rabu, 11 Juli 2018 — 0:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di dampingi wakilnya, Sandiaga Salahudin Uno di Balaikota DKI Jakarta.(yendhi)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di dampingi wakilnya, Sandiaga Salahudin Uno di Balaikota DKI Jakarta.(yendhi)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan seluruh pimpinan unit bekerja maksimal agar progam pembangunan bisa dinikmati warga Jakarta. Ia mengakui saat ini penyerapan APBD tahun 2018 belum maksimal.

Anies mengatakan, program-program yang sudah direncanakan harus dieksekusi. Pejabat yang baru saja dilantik harus segera bekerja.”Jangan tunggu. Langsung saja bekerja sesuai aturan yang sudah ada,”katanya.

Sementara itu, sesuai data penyerapan APBD tahun 2018, hingga kini baru menyerap sekitar Rp13 triliun dari Rp71,1 triliun. Belanja langsung(barang dan jasa), tingkat penyerapannya baru 11 persen dari alokasi sebesar Rp 40,1 triliun. Belanja tidak langsung terdiri dari belanja pegawai, hibah, subsidi, bantuan sosial, dan lainnya. Nilai penyerapannya sekitar Rp 7 triliun dari Rp 30,9 triliun.

Manuara Siahaan, anggota DPRD DKI Jakarta, mengatakan rendahnya penyerapan akibat lemahnya kerja aparat. “Penyerapan di bawah target,”katanya.

Ia setuju adanya perombakan pejabat yang tidak kompeten. “Ini mungkin disebabkan perenanaan yang kurang matang.”(john/b)