Monday, 24 September 2018

31 Masjid Dilarang Potong Hewan Kurban, Sandi Arahkan ke Sini

Kamis, 12 Juli 2018 — 22:51 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyediakan tempat pemotongan hewan kurban bagi warga sekitar Equistrian Park atau venue pacuan kuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, lokasi penyembelihan hewan kurban akan ditampung di Rumah Pemotongan Hewan PD. Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan telah mengeluarkan aturan yang melarang sejumlah masjid melakukan pemotongan hewan kurban pada radius 1 kilometer dari venue pacuan kuda. Hal itu sesuai aturan dan ketentuan ketentuan EDFZ (Equine Disease Free Zone) dalam pelaksanaan Asian Games.

Sebanyak 31 masjid di enam kelurahan yang tersebar di Jakarta Utara dan Jakarta Timur dipastikan tidak bisa melakukan pemotongan hewan korban. Hal itu untuk mencegah terjadinya penularan penyakit terhadap kuda para atlet.

“Jadi kita sudah sosialisasikan seluruh masjid maupun rumah ibadah, dan tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk memotong kurban untuk tidak melakukan pemotongan kurban karena ini bertepatan dengan Idul Adha,” kata Sandiaga di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Pemprov DKI pun telah mengarahkan agar hewan kurban yang telah terdaftar di 31 masjid itu bisa dipotong di RPH PD. Dharma Jaya.

“Kita akan pindahkan ke Rumah Potong Hewan yang sudah diapprove oleh Inasgoc yaitu di Rumah Potong Hewan (RPH) di PD. Dharma Jaya. Itu sudah kita sosialisasikan dan kita akan terus koordinasikan dengan wilayah,” tandas Sandiaga. (Yendhi/b)