Tuesday, 20 November 2018

Ketum Partai Ini Mau Dampingi Jokowi Juga

Kamis, 12 Juli 2018 — 21:27 WIB
Presiden Jokowi saat
meluncurkan peta jalan "Making Indonesia 4.0" di Jakarta, (ist)

Presiden Jokowi saat meluncurkan peta jalan "Making Indonesia 4.0" di Jakarta, (ist)

JAKARTA -Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berharap ia bisa menjadi pendamping Joko Widodo sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Meski begitu dia tidak akan ngotot dan menyerahkannya kepada Jokowi.

“Kami serahkan saja kepada Pak Presiden karena antarparpol yang paling penting adalah mekanisme. Salah satu mekanisme adalah menyerahkan pada Pak Presiden. Dan setelah itu tentunya ada komunikasi lanjutan,” kata Airlangga Rabu (11/7/2018).

Ia menambahkan, Golkar tak mengajukan kadernya maupun tokoh di luar partai politik untuk dipertimbangkan sebagai cawapres Jokowi. “Kalau di luar partai, kan, pertimbangan dari Pak Presiden. kalau parta itidak mengajukan nama,” lanjut dia.

Dalam satu acara, Jokowi meminta publik bersabar pengumuman calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019. “Sabar dulu, kan paling tinggal seminggu, dua minggu, tiga minggu lagi,” ujar Jokowi saat diwawancarai di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Menurut Jokowi, saat ini tinggal lima nama calon wakil presiden yang masuk pertimbangan. Lima nama itu merupakan pengerucutan dari 10 nama yang sebelumnya masuk

Tapi Jokowi tidak pernah menyebutkan nama-nama yang sudah dikantongi untuk mendampingi Jokowi sebagai presiden. Ia ia menolak menyebut kelima nama tersebut. Sejumlah ketua umum menginginkan mendampingi Jokowi sebagai cawapres. Selain Airlangga Hartarto juga Rohmahurmuziy dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.(us)