Tuesday, 13 November 2018

Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia

Lalu Muhammad Zohri “Bocah Ajaib Asal Lombok” Jadi Juara Dunia Lari 100 Meter

Kamis, 12 Juli 2018 — 15:29 WIB
Lalu Muhammad Zohri juara dunia lari 100 Meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia.(reuters)

Lalu Muhammad Zohri juara dunia lari 100 Meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia.(reuters)

FINLANDIA – Sprinter (pelari cepat) Indonesia berhasil menjadi juara di ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang digelar di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Lalu  Muhammad Zohri yang turun di nomor 100 meter putra, berhasil menjadi jawara dengan catatan waktu 10,18 detik.

Pelari yang dijuluki Bocah Ajaib dari Lombok ini mengalahkan pelari U-20 asal Amerika Serikat, Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang harus puas menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan catatan waktu 10,22 detik.

Lalu juga sekaligus menjadi manusia tercepat Indonesia untuk kategori sprinter 100 meter putra, saat ini.

Kemenangan Lalu ini  sangat mengejutkan, namun gaung kemenangannya tidak terdengar di tanah air, karena perhatian masyarakat lebih tertuju pada Kejuaraan Sepakbola Piala Dunia dan Piala AFF U-19.

pasi

Teks : Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Lari 100 Meter di Finlandia.(PB PASI)

Bahkan pelatih Lalu sendiri, Erwin Renaldo Maspaitella, tidak menyangka anak asuhnya berhasil  menjadi juara dunia.

Menurutnya, ini hal yang mengejutkan, pasalnya, sebelum lolos keputaran final, Lalu hanya menempati posisi keempat, tertinggal dari dua pelari Amerika Serikat dan pelari Jamaika.

“Catatan waktu pelari Amerika Serikat itu, 10,19 detik. Karena itu saya tidak terpikir Lalu bisa menang,” kata Erwin Renaldo, Kamis (12/7/2018).

Selain itu, kata Erwin, posisi anak didiknya saat start sebenarnya kurang menguntungkan. Sebab, Lalu yang menduduki posisi kedua di babak penyisihan, hanya ditempatkan di line 8 atau samping, bukan line tengah yang dinilai ideal.

“Tetapi nyatanya dia bisa melaju dengan rileks. Dia mampu melewati catatan waktu pelari AS di babak final dan juara!” tutur Erwin.(Tri)