Thursday, 20 September 2018

Menaker Beharap Perguruan Tinggi Sesuaikan Kurikulum dengan Iklim Dunia Usaha

Kamis, 12 Juli 2018 — 23:42 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri

JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, berharap perguruan tinggi swasta nasional mensinergikan kurikulum dan metode pendidikan dengan iklim dunia ketenagakerjaan sesuai perkembangan Revolusi Industri 4.0 atau digital

“Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana menyiapkan dan memetakan angkatan kerja dari lulusan pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” ujar Menaker di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Hal itu ditanggapi positif ketua umum Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS) Masruroh Mochtar.

Katanya, eksistensi PTIS justru seringkali berpacu dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta dinamika dunia pendidikan nasional & internasional.

“Justru kami (PTIS) menunggu ajakan kerjasama pemerintah untuk bersinergi dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi ketiga yaitu pengabdian masyarakat secara luas,” ujarnya seusai persiapan Semiloka Internasional BKS PTIS di Kampus Yarsi Jakarta. idampingi Watua Dewan Penasihat BKS-PTIS, Mansur Romli, di Jakarta.

BKS-PTIS juga PTS, sambung ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) periode 2012-2016 Mansur Romli, merupakan perguruan tinggi paling dinamis mengikuti perkembangan dunia pendidikan dan teknologi informatika.

“Kalau tidak yaaa ketinggalan terus dan bisa-bisa nggak laku. Tapi, memang, seringkali kebijakan pemerintah berbenturan dengan kreatifitas & inovasi yang diciptakan swasta karena tidak dihambat birokrasi,” urai wakil ketua Badan Penasihat BKS-PTIS itu. (rinaldi/b)