Tuesday, 20 November 2018

Polisi: Mantan Kadisdik DKI Diklarifikasi, Bukan Diperiksa

Kamis, 12 Juli 2018 — 14:16 WIB
Mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto. (ikbal)

Mantan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto. (ikbal)

JAKARTA – Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Sopan Adrianto memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Kamis (12/7/2018). Pemanggilan Sopan terkait dugaan tindak pidana korupsi pada proyek rehabilitasi sejumlah sekolah di Jakarta.

Kasubdit Tipikor Direktorat Resese Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Bhakti Suhendarwan, menjelaskan pemanggilan Sopan bukan bersifat pemeriksaan melainkan bersifat klarifikasi.

“Diklarifikasi ya bukan diperiksa, (perkara) masih lidik,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Hal senada disampaikan Sopan. Pria yang dilengserkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Juni 2018 itu mengatakan kedatangannya hanya untuk klarifikasi.

“Klarifikasi ya,” ujarnya saat rehat klarifikasi.

Selain Sopan, hadir pula Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati.

Polda Metro Jaya tengah menyelidiki dugaan korupsi terhadap proyek rehabilitasi sejumlah sekolah di Jakarta. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Adi Deriyan mengungkapkan penyelidikan dilakukan karena adanya laporan terjadinya mark up pada proyek di Dinas Pendidikan DKI Jakarta tersebut.

Proyek rehabilitasi berat 119 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA bermasalah dan diduga terjadi tindak pidana korupsi. Rehab tersebut dianggarkan di setiap masing-masing Suku Dinas Pendidikan. Proyek itu bernilai Rp191 miliar yang dianggarkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada APBD 2017. (ikbal/yp)