Wednesday, 14 November 2018

Sandi Uno: Jakarta Siap Sambut Asian Games

Kamis, 12 Juli 2018 — 15:38 WIB
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, menyebut Jakarta siap menyambut Asian Games. (yendhi)

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, menyebut Jakarta siap menyambut Asian Games. (yendhi)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menyambut Asian Games pada Agustus 2018. Pembangunan sejumlah infrastruktur terus dikebut.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, usai rapat terbatas pembahasan kesiapan ticketing Asian Games 2018 di Kantor Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).

Rapat dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani. Turut hadir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Ketua Panitia Asian Games 2018 di Jakarta, Erick Thohir, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, atlet senior Susi Susanti, dan sejumlah perwakilan cabang olahraga (cabor).

“Pertama-tama kita sampaikan kepada Bu Menko (Puan Maharani) bahwa Jakarta siap untuk menyambut Asian Games,” kata Sandiaga.

Dia menegaskan, sejumlah venue di Jakarta yang akan digunakan untuk pertandingan semua cabor telah siap digunakan. Termasuk pembangunan light right transit (LRT) yang siap dioperasikan saat Asian Games.

“LRT sendiri sudah akan kita operasikan secara utuh, secara komersial bulan Agustus, sekarang ini lagi melakukan sertifikasi dan uji coba,” kata Sandiaga.

Pernyataan Sandiaga sekaligus menanggapi adanya isu Jakarta masih terlihat semrawut menjelang Asian Games. “Mengenai trotoar kita sudah sampaikan juga koridor utama Sudirman – MH Thamrin itu akan selesai 22 Juli dan trotoar itu sudah difungsionalkan 31 Juli. Jadi ini akan kita kejar sesuai dengan target,” ujar Sandi.

Sandi juga berharap pengelola bisa mengatur gedung dengan pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di depannya agar bisa memberi tempat pada pedagang di dalam gedung. Tujuannya agar tak trlihat semrawut.

Selain itu, Pemprov DKI terus berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk memastikan keamanan sebelum, saat dan setelah Asian Games bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita tidak ingin ada satu keraguan pun juga bagi tamu-tamu mancanegara yang akan hadir khusus VVIP maupun para suporter, bahwa Jakarta aman tertib kondusif situasi stabil aman dan terkendali. Itu yang dapat kami sampaikan kita sangat optimis bahwa Jakarta siap untuk menyambut Asian Games,” tegas Sandiaga. (yendhi/yp)