Thursday, 20 September 2018

Tahun 2019 Kemenaker Agendakan Sebagai Tahun Pembangunan SDM

Kamis, 12 Juli 2018 — 5:22 WIB
Sekjen Kemnaker, Hery Sudarmanto, (duduk tengah baju batik) seusai Rakornas Ketenagakerjaan di Jakarta, Rabu. (rinaldi)

Sekjen Kemnaker, Hery Sudarmanto, (duduk tengah baju batik) seusai Rakornas Ketenagakerjaan di Jakarta, Rabu. (rinaldi)

JAKARTA – Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Hery Sudarmanto, menyatakan pihaknya telah menyiapkan program sinergitas lintas sektoral ketenagakerjaan melalui pelatihan bersama pemerintah daerah (Pemda) dan swasta.

“Tahun 2019 besok Kemenaker mengagendakan sebagai tahun pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), setelah tahun-tahun sebelumnya pemerintah mencanangkan tahun infrastruktur,” ujarnya didampingi Karo Humas, Sahat Sinurat, di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Dijelaskannya, sinergitas itu dibutuhkan lantaran otonomi daerah memberi wewenang pemda untuk mencukupi ketenagakerjaan sesuai kompetensi kebutuhan daerah masing-masing termasuk kebutuhan tenaga kerja bagi industri swasta.

Karo Organisasi dan Kepegawaian Kemnaker, Tri Retno Isnaningsih menambahkan era ekonomi digital saat ini menjadi model bisnis dunia industri yang juga turut mengubah karakter pekerjaan masa depan. “Menjadi tugas kita bersama untuk menjadikan fungsi ketenagakerjaan selalu hadir dalam perubahan zaman,” ujarnya.

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menghadapi perubahan, ia menjelaskan, pegawai yang membidangi ketenagakerjaan haruslah bekerja dengan kreatif dan inovatif. “Kita harus bisa membaca perubahan, kita harus inovatif, dan kita harus melakukan perubahan untuk menyiapkan SDM kita.” (rinaldi/b)