Thursday, 20 September 2018

Tinjau Ledakan Gas, Anies Minta Warga Lebih Berhati-hati

Kamis, 12 Juli 2018 — 12:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(yendhi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(yendhi)

JAKARTA – Usai terjadi ledakan tabung gas di salah satu ruko Grand Wijaya Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau langsung ke lokasi untuk memastikan tidak ada korban jiwa.

Meski ledakan menyebabkan kerusakan yang cukup parah, Anies pun bersyukur karena tidak sampai ada korban jiwa dari musibah tersebut. “Bila kejadian ini muncul pada siang hari, maka mungkin kita akan menyaksikan korban,” kata Anies dilokasi, Kamis (12/7/2018)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun meminta kepada seluruh masyarakat agar senantiasa memastikan keamanan tabung gas agar kejadian serupa tidak terjadi.

(Baca : Ledakan di Pertokoan Grand Wijaya Center Kebayoran Baru Diduga Akibat Tabung Gas)

“Kita menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksa kembali tabung gasnya, meskipun sudah yakin bahwa di rumah tabung gasnya rapi, tetap dicek, pastikan kalau ada sedikit pun yang dicurigai maka perbaiki kalau perlu diganti. Keamanan nomor satu,” ujar Anies.

Jika tidak yakin dengan kondisi tabung gas-nya, Anies meminta agar masyarakat melaporkan kepada aparat pemerintah setempat apabila tidak bisa menangani sendiri.

“Jika ada kecurigaan jangan ragu-ragu untuk menyampaikan ke petugas, termasuk petugas kita di kelurahan atau pun yang lainnya,” kata dia.

Terahir, Anies percayakan kepada aparat kepolisian untuk mengusut kasus tersebut meski sudah dipastikan akibat ledakan gas. Sementara itu, dia akan kerahkan anak buahnya untuk membantu membersihkan lokasi agar bisa kembali digunakan untuk beraktifitas.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno yang meminta agar masyarakat selalu berhati-hati ketika menggunakan tabus gas. Antisipasi ledakan menurutnya bisa dicegah dengan rutin melakukan pemeliharaan dan selalu mencopot selang gas ketika selesai digunakan.

“Memasuki Asian Games ini kita harus memberikan pesan tegas bahwa Jakarta aman dan kondusif untuk menyambut Asian Games,” tegas Sandiaga. (Yendhi/tri)