Monday, 23 July 2018

Trotoar Thamrin Pertaruhkan Citra Jakarta

Kamis, 12 Juli 2018 — 5:02 WIB

PEMBENAHAN trotoar di sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman, Jakarta, untuk menyambut Asian Games 2018 masih berantakan. Padahal,  18 Agustus pesta olahraga bangsa-bangsa Asia itu dijadwalkan mulai digelar.

Trotoar  di kawasan jantung Ibukota itu rencananya dilebarkan dari rata-rata 3 meter dan  5 meter yang ada sekarang ini, menjadi 10 meter sampai dengan 15 meter.

Mewujudkan proyek itu,  dana ratusan miliar rupiah  bersumber dari kompensasi pelampauan KLB (kelebihan lantai bangunan) pihak swasta telah digelontorkan.

Selain dilebarkan, trotoar Thamrin-Sudirman akan dibatik rupa-rupa budaya nusantara. Tidak semata  berfungsi untuk pejalan kaki, trotoar di kedua ruas jalan itu  diplot menjadi ruang ekspresi budaya.

Bukan itu saja, trotoar Thamrin-Sudirman nantinya  juga terintegrasi  dengan sarana transportasi MRT (Mass Rapid Transit). Tersedianya  fasilitas ini memudahkan para tamu beraktivitas dan betah saat berada di Jakarta.

Indah dan cantiknya trotoar Thamrin-Sudirman diharapkan bisa mengibarkan citra Jakarta tidak saja  di mata Asia, tetapi dunia. Tetapi sayangnya proyek yang ditunggu-tunggu publik, hingga sebulan menjelang Asian Games belum rampung.

Pekerja masih  membongkar trotoar Thamrin-Sudirman yang di sekelilingnya masih ditutupi seng. Mereka juga sibuk menanam pohon Palm. Demi kejar tayang, penataan   trotoar di ruas jalan itu terus digeber.

Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno tidak menampik bila  di beberapa titik masih ada yang masih dikerjakan. Mengusir keraguan publik, duet pimpinan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini lalu menggaransi pad 22 Juli 2018, pelebaran trotoar Thamrin-Sudirman sudah tuntas.

Garansi dari Anies-Sandiaga  tentu saja dicatat masyarakat. Publik berharap pas Asian Games 2018, trotoar Thamrin-Sudirman bukan saja sudah lebar tetapi juga semakin indah dan cantik.

Maklum kawasan Thamrin-Sudirman bukan saja sebagai wajah Jakarta tetapi juga Indonesia. Baik buruknya trotoar di kawasan itu adalah bagian citra Indonesia, termasuk  Jakarta yang nota bene sebagai Ibukota Negara.

Menjelang Asian Games 2018 digelar, publik juga berharap Pemprov DKI Jakarta bisa menuntaskan seluruh pembenahan sarana,   prasarana dan berbagai fasilitas lainnya, terkait hajatan tersebut. Ekspetasi ini tidak lain karena masyarakat ingin pesta olahraga musim panas bangsa-bangsa Asia di Jakarta sukses. @*