Tuesday, 13 November 2018

Arthur dan Clement Lenglet jadi Punggawa Anyar Barcelona

Jumat, 13 Juli 2018 — 5:50 WIB
Clement Lenglet resmi milik Barcelona (reuters)

Clement Lenglet resmi milik Barcelona (reuters)

SPANYOL– Menjelang lakoni musim depan, Barcelona terus berbenah. Hasil musim lalu yang hanya meraih gelar Liga Spanyol dan Copa del Rey belum membuat puas manajemen klub. Mereka gagal meraih Liga Champions sehingga musuh abadinya Real Madrid yang jadi juara untuk tiga kali berturut-turut.

Yang paling perlu dibenahi pelatih Valverde adalah bagian pertahanan dan gelandang. Untuk itu sampai saat ini Barcelona sudah mendatangkan dua pemain.

Untuk bek, Tim Catalan itu harus mengeluarkan 35,9 juta euro (Rp 602 miliar) demi mendapatkan Clement Lenglet dari Sevilla.

arthur-melo

Arthue Melo

Pemain asal Prancis itu dikontrak dengan berdurasi lima musim, atau sampai 30 Juni 2023. Selain itu, klausul pelepasan pemain 23 tahun tersebut mencapai angka 300 juta euro (Rp 5 triliun).

“Barcelona telah membayar klausul pelepasan Clement Lenglet yang kini bukan lagi pemain Sevilla. Harga klausul si pemain di Sevilla senilai 35,9 juta euro,” bunyi pernyataan resmi Barcelona.

Clement Lenglet tampil impresif bersama Sevilla pada musim 2017-2018. Meski sebagai bek Lenglet berhasil mencetak empat gol dari 54 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Clement Lenglet merupakan pemain kedua yang didatangkan Barcelona pada bursa transfer musim panas tahun ini. Selain Lenglet, Barca juga menggaet Arthur dari Gremio.

Arthur akan menggantikan posisi Iniesta yang sudah mundur dari Barca dan berlaga di Liga Jepang. Arthur disebut-sebut bisa menjalankan peran Iniesta sekaligus peran Xavi Hernandez yang sudah terlebih dahulu pensiun.

Rupanya kehadiran Clement Lenglet membuat posisi bek Barcelona, Yerry Mina, akan semakin jelas. Setelah dibeli musim lalu bek asal Kolombian itu sangat jarang dimainkan. Oleh karena itu Yerri Mina mengakui dirinya mungkin hengkang dari Blaugrana pada bursa transfer musim panas. Ia mengaku ingin mendapatkan menit bermain lebih banyak.

 
Bek timnas Kolombia itu bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer Januari 2018. Sejak saat itu, Mina baru bermain dalam enam pertandingan di semua kompetisi bersama tim Catalan.

“Saya ingin membuat keputusan terbaik, namun tetap tenang adalah hal yang terpenting,” ujar pemain berusia 23 tahun ini.

“Saya telah mewujudkan mimpi dengan memperkuat Barcelona, namun tahun ini saya mengalami momen yang sangat sulit. Saya ingin tim yang membuat saya merasa tenang dan bisa mendapatkan menit bermain,” ia melanjutkan.

Peluang Mina untuk bermain sebagai starter di Barcelona musim depan semakin sulit seiring kedatangan Clement Lenglet dari Sevilla. Selain itu, tim asuhan Ernesto Valverde masih memiliki duet andalan, Gerard Pique dan Samuel Umtiti.(b)