Wednesday, 21 November 2018

Berdana Rp2 Triliun, Sandi Tinjau Pembangunan Stadion Persija

Jumat, 13 Juli 2018 — 18:26 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga salahuddin Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga salahuddin Uno

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga salahuddin Uno meninjau pembangunan Jakarta International Stadium yang terletak di Jalan Danau Sunter Barat, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (13/7/2018).

Menurut Sandiaga, stadion sepakbola ini nantinya akan menjadi kandang Persija. Pembangunan dilakukan atas kerja sama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan konsorsium yang dipimpin oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) persero.

“Kita harapkan konsep KPBU merupakan suatu terobosan dimana tanpa menggunakan APBD, kita bisa menghadirkan fasilitas dan rumah baru untuk Persija dan kegiatan olahraga yang nanti akan terintegrasi dengan perumahan maupun juga fasilitas-fasilitas penunjang lainnya,” kata Sandiaga.

Diatas tanah seluas 26,5 hektar ini, Sandiaga berharap stadion bertaraf internasional bisa segera dibangun sebelum akhir 2019. Jakarta International Stadium sendiri akan mengusung konsep dari stadion berkelas dunia.

Sandiaga sebut nantinya stadion ini tidak akan kalah dengan Ekaterinburg dan Saint Petersburg yang dimiliki oleh Rusia dan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia 2018. “Stadion generasi terbaru yang dimana tribun penonton itu sangat dekat dengan lapangannya,” ucap Sandiaga.

Stadion ditargetkan akan rampung dalam 30 bulan pembangunan atau dua setengah tahun dengan menelan biaya lebih dari Rp2 triliun.

Selain itu, beberapa fasilitas juga akan dibangun di Jakarta International Stadium termasuk akan ada pusat perbelanjaan. Untuk menunjang kebutuhan transportasi, stadion ini akan didukung dengan beberapa fasilitas moda transportasi seperti Ligth Right Transit (LRT).

“Kita ingin ada stasiun kereta di sini. Karena di sini ada lintasan kereta yang menuju Tanjung Priok di sana. Jadi masyarakat ke sini itu menggunakan kereta. Dan ke depan nanti akan ada LRT. LRT yang fase kelima kalau tidak salah atau ke-6 yang menuju ke Bandara dari Kelapa Gading juga lewat sini,” tandas Sandiaga. (yendhi)