Thursday, 20 September 2018

Binawas Kemnaker Deportasi TKA China, India dan Singapura

Jumat, 13 Juli 2018 — 12:02 WIB
Dirjen Pembinaan-Pengawasan & Kesehatan-Keselamatan Kerja (Binwas K3) Kementerian Ketenagakerjaan, Sugeng Priyanto,(ist)

Dirjen Pembinaan-Pengawasan & Kesehatan-Keselamatan Kerja (Binwas K3) Kementerian Ketenagakerjaan, Sugeng Priyanto,(ist)

JAKARTA –  Dirjen Pembinaan-Pengawasan & Kesehatan-Keselamatan Kerja (Binwas K3) Kementerian Ketenagakerjaan, Sugeng Priyanto, menyatakan telah melakukan mendeportasi sejumlah  tenaga kerja asing (TKA) ilegal.

“Benar kami menemukan adanya TKA ilegal, dan sudah dideportasi setelah terbukti tidak dilengkapi dokumen resmi. Iya, mereka ilegal,” ujar mantan Kapolda Bali itu didampingi Kasubditwaslatnaker, Erikson Sinambela, di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Pada kesempatan tersebut Sugeng juga meminta masukan dan pengaduan  kepada masyarakat terkait penyalahgunaan narkoba.

Kemnaker, lanjutnya,  telah melakukan deportasi 10 TKA ilegal yang menyalahi ijin kerja di Indonesia . TKA yang dipulangkan  tersebut  berasal dari Cina, India, Singapura, setelah ada laporan masyarakat dan kelengkapan dokumennya diperiksa intensif petugas berwenang.

Di bagian lain, Dirjen Sugeng mengemukakan Kemnaker telah menyelesaikan tuntas 13 kasus hingga pengadilan dari 75 kasus ketenagakerjaan selama Januari-Juni 2018. Juga, katanya, Kemnaker telah memediasi pembayaran upah 98 pekerja dengan membukukan administratif senilai Rp 1,6 milyar. (rinaldi/tri)