Monday, 19 November 2018

Memahami dan Mematuhi Hukum Lewat Kadarkum

Jumat, 13 Juli 2018 — 5:10 WIB
: Warga Pela Mampang mengikuti kegiatan Kadarkum.  (wandi)

: Warga Pela Mampang mengikuti kegiatan Kadarkum. (wandi)

JAKARTA – Agar masyarakat memahami hukum yang ada di Indonesia, Bagian Hukum, Jakarta Selatan menggelar Pembinaan Kelurahan Sadar Hukum (Kadarkum) di kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan. Diharapkan dengan cara ini masyarakat dan aparat kelurahan, menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya dalam hukum.

Kepala Bagian Hukum, Jakarta Selatan TP Purba, mengatakan kadarkum sangat penting.
“Selain itu juga untuk mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum demi tegaknya supremasi hukum. Makanya saya sangat berharap seluruh masyarakat nanti akan melek hukum Indonesia,” ujar TP Marbun.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Ahmad Yani mengatakan, dengan adanya kegiatan ini tentu masyarakat akan melek hukum. Untuk itu dirinya meminta Biro Hukum agar dapat selalu mensosialisasikan hal-hal terkait hukum kepada masyarakat.

Maulana, 45, warga yang turut hadir mengaku sangat senang. Sebab selama ini dirinya belum paham hukum-hukum di Indonesia.

“Ini sangat berguna bagi kami masyarakat awam, makanya saya berharap kegiatan seperti ini rutin dilakukan. Dengan memahami adanya hukum tentu masyarakat tidak akan melakukan kesalahan, “ujar Maulana.

Dalan kegiatan ini ada 50 peserta mengikuti. Mereka itu selain warga masyatakat juga Pegawai Kelurahan, FKDM, RT/RW, LMK, Kader PKK dan Karang Taruna, turut hadir untuk mengikuti Pembinaan Kelurahan Sadar Hukum di Kelurahan Pela Mampang. (wandi/b)