Wednesday, 14 November 2018

Mau Nikah Dengan Biaya Murah! Ini Caranya

Sabtu, 14 Juli 2018 — 5:32 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Biaya resepsi pernikahan hampir selalu merogoh kocek cukup dalam. Namun kisah pengantin yang menikah dengan budget Rp. 50 juta saja sempat viral di jagat maya. Owner Multi Kreasi Enterprise Emil Eriyanto mengatakan meski memang sulit, tetapi menikah dengan budget rendah bukan berarti tidak bisa.

Emil mengungkapkan, bukan tidak bisa menikah dengan budget minim seperti itu. Meski sebenarnya agak sulit , terlebih jika calon pengantin terlalu banyak permintaan.

“Untuk kita sih agak susah ya, kalau misalnya orang berangan-berangan ingin mendapat semua yang bagus tapi dengan budget seminim mungkin. Nah ini yang kadang-kadang buat kita wedding organizer harus putar otak untuk mencari jalan untuk pengantin,” terang Emil pada Jumat (13/7/2018) di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan resepsi pernikahan dengan budget minim ini, yang harus ditentukan pertama kali adalah jumlah tamu. Sehingga akan ditetapkan jumlah makanan katering yang akan dipesan nantinya. Sebab kata Emil, biaya katering merupakan yang terbesar porsinya dalam resepsi pernikahan.

“Nah yang lainnya kita nego, kita carikan solusi. Oke kamu kita carikan baju tapi tidak boleh bilang brand. Once kita bilang brand, brand itu punya harga. Jadi kita harus mencari (yang lain), kita akan carikan yang bagus tapi jangan tanya brandnya apa,” tambahnya.

owner

Owner Multi Kreasi Enterprise Emil Eriyanto,

Padahal kata Emil, brand bukan lah nomor satu untuk bisa mendapatkan produk bagus. Tetapi sayang, kebanyakan orang justru lebih dulu mempermasalahkan brand dari produk yang akan digunakannya. Karena itu, biasanya ia akan menyarankan produk berkualitas bagus namun dengan harga ‘sesuai’ kantong.

“Tentunya kembali kepada keinganan pengantin itu bahwa ada banyak penyesuaian tapi standarnya tetap di luar budget. Itu memang susah, tapi kalau dia terbuka dengan segala masukan ya Insya Allah kita bisa mengatur,” jelasnya.

Ia pun menyarankan jika memang budget minim, yakni berkisar Rp. 50 juta, untuk menikah di rumah. Karena dengan begitu bisa lebih menekan biaya yang harus dikeluarkan nantinya. “Karena mengurangi biaya sewa gedung, terus kita meminimalkan siapa saja bisa kita panggil karena tidak ada peraturan.”

Selain makanan, menurut Emil, yang harus diperhatikan dalam resepsi pernikahan adalah dekorasi. Sebab, biaya dekorasi juga termasuk besar pada saat pernikahan. Sehingga ia menyarankan, jika memang ingin menekan budget, maka sebisa mungkin menekan dua hal tersebut. Kemudian untuk souvenir, Emil menyarankan pun agar harga souvenir hanya satu persen dari total keseluruhan biaya resepsi nikah. Justru kalau bisa, kata Emil, di bawah satu persen.

“Kalau misalnya biaya kita Rp. 50 juta kita ga boleh membuat souvenir yang kalau kita hitung secara precentage itu jangan lebih besar dari satu persen total keseluruhan biaya. Satu persen dari 50 juta itu sekitar Rp. 500.000. Sehingga kita memilih souvenir yang ada kenang-kenangannya, tapi ya orang tau itu souvenir,” tandasbya(cw2/b)