Monday, 24 September 2018

Indonesia Pengguna Sepeda Onthel Terbanyak di Dunia

Senin, 16 Juli 2018 — 6:33 WIB
Komunitas sepeda ontthel berkumpul di Bundaran HI

Komunitas sepeda ontthel berkumpul di Bundaran HI

JAKARTA – Sepeda onthel kini mulai jarang terlihat di jalanan. Selain barangnya yang sudah tidak diproduksi lagi, juga karena kendaraan klasik yang satu ini telah menjadi benda koleksi.

Maka dari itu, Komunitas Sepeda Onthel ini memiliki misi untuk melestarikan Sepeda Onthel di tengah kemajuan zaman era modern. Ternyata Indonesia merupakan salah satu pengguna Sepeda Onthe terbanyak di Dunia.

Cuma sayang keberadaan Sepeda Onthel ini mulai tersingkir. Beruntung tidak semua lupa dengan Sepeda Onthel.

Salah satunya adalah Komunitas Sepeda Onthel di Hotel Indonesia ini yang didirikan sejak tahun 1999 dan memiliki anggota lebih dari 300 orang di berbagai faerah.

Komunitas Sepeda Onthel ini biasa berkumpul pada Pukul 09.00-11.00 WIB, di Kawasan Monas dan Hotel Indonesia (HI) tetapi lebih sering Komunitas ini berkumpul tepat Di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Ketika jam CFD.

“Komunitas Sepeda Onthel Hotel Indonesia ini angotanya dari berbagai daerah dan dari berbagai umur dari yang muda sampai tua. Di komunitas ini kami tidak mempunyai syarat untuk yang mau beegabung , yang terpenting mempunyai sepeda onthel,” ujar Yanto anggota Komunitas Sepeda Onthel Hotel Indonesia, di Bundaran HI, Minggu (15/7/2018).

Ia mengatakan anggota yang ikut di dalam komunitas ini kebanyakan hanya sekedar Hobi mengkoleksi sepeda onthel dan tentu ingin olahrga bersepeda.

Selain melestarikan sepeda tua, Komunitas Sepeda ini juga telah mengadakan acara gowes dari Jakarta menuju Bali dengan jarak tempuh 21 hari beberapa bulan lalu. Acara tersebut diikuti oleh komunitas sepeda onthel lainnya se-dunia,

Selain itu Komunitas Sepeda Onthel Hotel Indonesia akan mengadakan acara Gowes dari Jakarta-Cirebon pada Minggu depan yang diikuti oleh anggota dari berbagai daerah,”Ujarnya.

Mereka berharap dengan adanya komunitas dan acara yang diseleranggarakan okeh komunitas ini masyarakat bisa ikut serta dan peduli dalam melestarikan Sepeda Onthel. (M5/b)