Wednesday, 15 August 2018

Ronaldo ke Juventus, Ditanggapi Pro-kontra

Senin, 16 Juli 2018 — 21:12 WIB
Cristiano Ronaldo tiba di Juventus dan diperkanalkan (reuters)

Cristiano Ronaldo tiba di Juventus dan diperkanalkan (reuters)

ITALIA- Kehadiran Cristiano Ronaldo ke Juventus ditanggapi secara beragam. Ada yang optimis kehadiran mantan mega bintang Real Madrid itu akan membuat Serie A Italia akan semakin bergairah.

Bahkan kehadiran Ronaldo di Alianz Arena diperkirakan akan menambah peluang Juventus di Liga Champions yang memang sudah sangat lama diincar.

Seperti diketahui dua tahun lalu Juventus gagal meraih trofi Liga Champion akibat ulah Ronaldo yang kala itu masih memperkuat Real Madrid yang akhirnya juara.

Oleh karena itu, mantan Presiden AC Milan Silvio Berlusconi mengakui kedatangan Ronaldo di Juventus selain membuat superior Si Nyonya Tua di Serie A, juga akan menghadirkan dampak negatif bagi klub kesayangannya AC Milan.

Tanpa Ronaldo saja, Juventus sudah enam kali berurut-turut juara Serie A. Oleh karena itu dengan kehadiran pemain berjuluk CR-7 itu, tentu akan membuat Milan semakin sulit menandingi rival abadinya tersebut.

Megabintang Portugal itu hengkang dari Real Madrid dengan nilai transfer mencapai 112 juta euro pekan lalu.
Namun Berlusconi melihat sisi positifnya, dengan nantinya Serie A Italia akan kembali semarak berkat keberadaan pemain sekaliber Ronaldo.

“Namun sebetulnya, kedatangan seorang jawara seperti Cristiano Ronaldo di Serie A jelas menjadi kabar yang sangat bagus.”

“Bukan hanya bagi Juventus, tetapi juga seluruh sepakbola Italia. Olah karenanya, saya mengucapkan selamat pada Juventus, para manajer dan pendukung mereka.”

Berbeda, gelandang AS Roma, Daniele De Rossi, meragukan kemampuan Ronaldo untuk mengantarkan Juventus meraih kesuksesan di Eropa.

Menurutnya, Ronaldo dan Juventus akan melalui fase adaptasi yang justru berpeluang menyulitkan kedua belah pihak dan mengacam peluang Juventus untuk mendominasi Serie A.

De Rossi mengakui kalau kedatangan Ronaldo turut mengangkat pamor Serie A yang redup pada beberapa musim terakhir. De Rossi menyimpan harapan kalau Ronaldo bisa membuat Serie A kembali menjadi pusat perhatian dunia.

“Tentu ini sebuah keuntungan untuk Italia, tapi di atas itu semua untuk Juventus yang membawanya ke sini. Mereka akan mengawali musim dengan dua atau tiga langkah lebih baik. Memenangi tujuh Scudetto berarti Anda melakukan segalanya dengan baik. Itu artinya Anda menguasai liga,” ujar Daniele de Rossi kepada Roma TV.

“Membeli satu di antara dua pemain terbaik di dunia memiliki arti tujuannya menjadi lebih tinggi. Namun, ia harus beradaptasi dan tim juga harus beradaptasi dengannya. Tidak segalanya terrtulis, bahkan jika mereka sebuah tim yang sudah memiliki keuntungan menjadi yang lebih baik dari yang lain.”

“Sekarang bersamanya, tujuannya adalah Liga Champions. Namun, tidak tertulis apakah mereka akan menang di Eropa. Yang ada hanya apakah mereka akan kembali menjuarai liga,” ungkap De Rossi.(b)