Monday, 26 August 2019

Hati-hati ! Ada OTT di Kawasan Kota Tua

Kamis, 19 Juli 2018 — 4:58 WIB
Kasudin LH Jakbar, Edi Mulyanto mengerahkan 100 pasukan oranye dan 12 armada di kawasan wisata Kota Tua menjelang perhelatan Asian Games 2018. (Rachmi)

Kasudin LH Jakbar, Edi Mulyanto mengerahkan 100 pasukan oranye dan 12 armada di kawasan wisata Kota Tua menjelang perhelatan Asian Games 2018. (Rachmi)

JAKARTA- Suku Dinas Lingkungan Hidup (SDLH) Jakarta Barat akan melancarkan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pengunjung yang membuang sampah sembarangan di kawasan wisata Kota Tua dan sekitarnya. OTT dilakukan menjelang perhelatan Asian Games 2018.

“Kawasan Kota, Museum Fatahilah menjadi salah satu destinasi wisata selama berlangsungnya Asian Games 2018 sehingga lokasinya harus selalu terjaga kebersihan dan keindahannya,” kata Kepala SDLH Jakbar, Edi Mulyanto saat apel personil kebersihan jelang Asian Games di Plaza Museum Fatahillah, Taman Sari, Rabu (18/7).

Edi mengimbau masyarakat khususnya pengunjung supaya lebih disiplin dan membudayakan hidup bersih, sehat, indah dan nyaman. Di antaranya membuang sampah pada tempatnya.

Terkait hal tersebut, SDLH Jakbar akan menempatkan puluhan tong sampah di sekitar Kota untuk mengedukasi pengunjung agar tertib. Sehingga pengunjung yang jorok dengan seenaknya mengotori kawasan tersebut akan menjadi target OTT dan disidang tipiring.

Di sisi lain lanjut Edi juga mengerahkan 100 pasukan oranye dan 12 unit armada di kawasan Kota Tua menjelang Asian Games. Tim disebar di sejumlah titik di antaranya Museum Fatahillah, Jalan Kunir, Jalan Lada, dan Jalan Kali
Besar.

Ia menjelaskan 100 personil tempur LH Jakbar itu diperkuat tiga unit road swepper, lima unit compactor, dan empat mobil armada. Untuk di kawasan Kali Besar, puluhan petugas juga dilengkapi sejumlah kendaraan operasional, seperti roadswepper dan kompaktor.

“Khusus penanganan sampah di Kali Besar akan digarap 60 petugas UPK Badan Air dan petugas PPSU kelurahan,” ujar Edi. (Rachmi/b)