Wednesday, 14 November 2018

Mereka Ini Bisa Gratis Naik TransJakarta Selama Asian Games

Senin, 23 Juli 2018 — 13:20 WIB
Transjakarta sambut Asian Games 2018. (toga)

Transjakarta sambut Asian Games 2018. (toga)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan menggratiskan bus TransJakarta kepada ribuan relawan (volunteer) selama perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Selain para volunteer, TransJakarta juga akan digratiskan bagi para atlet, official, dan wartawan. Saat ini, Pemprov DKI sedang berencana menggratiskan TransJakarta bagi masyarakat umun setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Seperti diketahui, akan ada belasan ribu relawan yang akan terlibat dalam penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games pada Agustus-September 2018 mendatang. Mereka diberi fasilitas extra karena menjadi bagian penting kesuksesan Asian Games.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan tengah berkoordinasi dengan pihak Transjakarta dan Bank yang terlibat seperti BNI, BRI, dan Mandiri untuk merealisasikan layanan Transjakarta gratis tersebut.

“Layanan gratis Tranjakarta mulai dari 1 Agustus sampai 15 September untuk para volunter ini. Jadi kita harapkan ada total 15 ribu volunter yang akan menambah pengguna Transjakarta pelayanan moda transportasi yang mudah-mudahan nanti terintegrasi juga,” kata Sandiaga di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).

Sandiaga Salahuddin Uno-yendhiWakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno.(yendhi)

Sandiaga mengatakan, layanan Transjakarta gratis ini sekaligus untuk mengarahkan warga agar menggunakan trasportasi umum sehingga mengurangi kemacetan. Bagi warga yang terimbas perluasa ganjil genap maka bisa beralih kepada Tranjakarta.

“Kita juga harapkan ini akan memperbaiki kualitas udara di DKI dan kita imbau juga masyarakat untuk menggunakan transportasi umum selama Asian Games dan dimulai 1 Agustus sampai kita dorong ke 15 September,” ujar Sandiaga.

Terkait wacana layanan Transjakarta gratis bagi masyarakat umun setiap Sabtu Minggu dan libur nasional, Sandiaga sebut sudah mendapatkan kabar positif tinggal menunggu persetujuan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan usai berkoordinasi dengan INASGOC, DISHUB, dan Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Jadi kita ingin mendorong pembukaan, penutupan dan Sabtu Minggu dan hari libur nasional kita berikan layanan gratis untuk Transjakarta,” ujar Sandiaga. (yendhi/yp)