Wednesday, 24 July 2019

Pelatih Sepakbola Tak Mampu Kumpulkan 18 Pemain

Malaysia Terancam Mundur Dari Asian Games 2018

Selasa, 24 Juli 2018 — 10:58 WIB
Malaysia menjuarai AFF U19. (Twitter@FAM_Malaysia)

Malaysia menjuarai AFF U19. (Twitter@FAM_Malaysia)

JAKARTA – Timnas Malaysia U-23 terancam mundur dari cabang olahraga sepakbola putra Asian Games 2018. Skuat asuhan Ong Kim Swee ini sepertinya tidak siap mengikuti pesta olahraga bangsa-bangsa Asia tersebut.

Seperti disitat laman resmi AFC dari media lokal Harian Metro, tim berjuluk Harimau Malaya tersebut kekurangan armada lantaran banyak klub yang menolak melepas pemainnya.

Bentroknya jadwal cabor Asian Games 2018 dengan Piala Malaysia, disebut-sebut sebagai salah satu alasan para klub enggan melepas para pemainnya untuk bergabung dalam Timnas Malaysia U-23.

(BacaDramatis, Tekuk Myanmar 3-4 Malaysia Juara Piala AFF U-19)

Alhasil para pemain yang diproyeksikan untuk bertanding di Asian Games 2018, belum sepenuhnya terkumpul. “Kami harus mengerti. Kami tidak punya cukup pemain, karena setidaknya 18 pemain untuk bermain di Asian Games 2018,” kata Ong Kiw Swee, kemarin.

Piala Malaysia merupakan turnamen kedua selain Piala FA Malaysia. Pada tahun lalu, turnamen ini dimulai pada September 2017. Johor Darul Ta’zim (JDT) merupakan juara bertahannya. Meski belum diketahui jadwalnya, namun Piala Malaysia tahun ini, kemungkinan bergulir bersamaan dengan Asian Games 2018.

18 PEMAIN

Ong Kiw Swee menambahkan, pihaknya tidak bisa mengumpulkan minimal 18 pemain dalam beberapa hari ke depan, maka pilihan terakhir timnya adalah mundur dari Asian Games 2018. “Kalau tidak dapat mengumpulkan 18 pemain, itu artinya kami harus mundur,” tutur arsitek berusia 47 tahun itu.

(BacaKalah Lewat Adu Penalti dari Malaysia, Indonesia Gagal ke Final Piala AFF)

Di Asian Games 2018 mendatang, Harimau Muda Malaya sejatinya tergabung di Grup E bersama Korea Selatan, Kirgizstan, dan Bahrain. Sebelumnya, tim dari negeri Jiran tesebut pernah mengatakan siap belaga di Asian Games.

Mereka bahkan menjadi salah satu tim yang sepakat untuk dilalukan pengundian ulang cabang olahraga sepakbola putra untuk Asian Games 2018, menyusul keinginan Uni Emirates Arab dan Palestina untuk tampil di hajatan olahraga terbesar se-Asia tersebut. (junius/st)