Wednesday, 26 September 2018

Warga RW 07 Kelurahan Kembangan Utara Bangkit dari Keterpurukan

Selasa, 24 Juli 2018 — 5:52 WIB
Foto bersama di mural yang ada di RW 07 Kembangan Utara

Foto bersama di mural yang ada di RW 07 Kembangan Utara

JAKARTA- Tak ingin terus menerus tinggal di permukiman kumuh, warga RW 07 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, bangkit dari keterpurukan.

Warga bersatu padu membangun berbagai sarana tempat ibadah hingga olahraga. Juga dengan menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Serta mempercantik lingkungan dengan aneka mural dan penghijauan di sejumlah lokasi.

“RW 07 Kembangan Utara merupakan permukiman padat penduduk, yang semula kumuh. Tapi warga sepakat untuk tinggal di hunian nyaman, seperti permukiman lainnya,” kata Ketua RW 07 Kembangan Utara, Sentot Suparno saat dikunjungi Ketua TP-PKK Kecamatan Kembangan, Sari Melati, Senin (23/7/2018).

Hadir Lurah Kembangan Utara, Edy Sukarya dan Ketua TP-PKK Kelurahan Kembangan Utara, Yuli Maryana. Serta tokoh warga RW 07.

Sentot menjelaskan wilayah RW 07 berada di antara perbatasan Perumahan Tamankota. Mayoritas penduduk berasal dari Jawa tengah dan Jawa Timur yang memiliki kekerabatan dan solidaritas yang tinggi.

Warga yang juga melibatkan Karang Taruna bekerjasama membangun wilayah dan berhasil membangun tiga tempat ibadah yakni Masjid Al Khoriah RT 02, Musala Al Barokah RT 08, Musala Baitul Rahman RT 05. Serta sarana olahraga Futsal dengan luas sekitar 1.000 M2 atas swadaya warga dalam waktu singkat.

Bahkan sejak 2017 hingga kini lanjut Sentot, warga pun aktif menghias diri. Di antaranya dengan menggalakkan penghijauan hingga ke gang-gang. Serta hiasan mural di berbagai pelosok.

Untuk penghijauan dengan menanam toga dipelopori Mainem selaku Ketua RT 08 dengan inspirator oleh Jarwono.

Ketua TP-PKK Kecamatan Kembangan, Sari Melati mengatakan wilayah pemukiman yang padat tentu banyak permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama, inspirativ dan inovatif.

“Saya sangat mengapresiasi kekompakan warga RW 07 Kembangan Utara yang sudah berkontribusi bagi pembangunan di wilayah. Semoga hal ini bisa dilestarikan dan menginspirasi warga di tempat lain,” ungkapnya. (Rachmi/b)