Wednesday, 26 September 2018

Viral di Medsos, Jajanan Ini Tak Eksis di Festival Condet

Senin, 30 Juli 2018 — 1:01 WIB
Penjual Sosis Telur. (cw2)

Penjual Sosis Telur. (cw2)

JAKARTA – Jajanan sosis telor, yang lebih dikenal sostel dan atau soslur, sempat viral pada beberapa bulan belakangan. Penjualnya pun hingga kini masih belum banyak. Namun di Festival Condet ada sekitar lima tenda yang menjajakan jajanan tersebut.

Bahan-bahan soslur sendiri sangat simpel, hanya membutuhkan telur, sosis dan daun bawang yang kemudian dimasukkan kedalam mesin soslur berbentuk tabung. Yang menarik dari jajanan ini, ketika soslur telah matang, maka soslur tersebut akan muncul keluar perlahan dari mesin soslur.

Santi, penjual, mengaku sudah sejak sebelum puasa mulai berjualan soslur di kediamannya di daerah Ciputat. Setiap kali ada bazar, ia pasti akan ikut serta.

“Di rumah juga dagang ini setiap hari. Tapi kalau ada bazar memang biasa ikut sih, cuma biasanya bazar di daerah Ciputat, Pamulang gitu. Kalau mulai dagang soslur sendiri karena liat ramai di sosmed jadi ya coba aja,” ujar Santi pada Minggu (29/7/2018).

Harga soslur yang dijualnya pun ramah di kantong, yakni Rp15.000 untuk dua potong soslur. Soslur ini pun dihidangakan dengan saus tomat, saus sambal, mayonaise dan bubuk nori. Sepotong soslur cukup mengenyangkan karena ukurannya yang cukup besar, telurnya pun cukup padat menyelimuti sosis di dalamnya.

Tetapi menurutnya, peminat soslur di sini tidak sebanyak seperti di tempat lain. Jika di hari biasa ia bisa menjual 100 potong soslur perhari, namun festival ini selama dua hari berjualan, pembelinya masih jauh dari angka 100.

“Mungkin kan karena yang jual ini juga banyak ya. Yang jual makanan lain juga, jadi kalah saing,” katanya. (cw2/yp)