Monday, 24 September 2018

Beli Mobil Seken Sebaiknya di Show Room

Kamis, 2 Agustus 2018 — 1:15 WIB
show-room

JAKARTA– Untuk menghindari kemungkinan terburuk, membeli mobil bekas sebaiknya memilih pedagang yang jelas keberadaannya. Adapun pedagang yang dapat dipercaya adalah yang punya show room permanen maupun berada di dalam pasar mobil seken, bukan orang yang mengaku sebagai pedagang rumahan dengan alamat berpindah-pindah.

Pendapat itu disampaikan Ely Sarjono, warga Kemayoran, Jakarta Pusat, yang pernah kena tipu oleh pedagang tak bertanggung jawab. “Saya pernah beli mobil Kijang di kawasan perumahan di Kelapa Gading. Setelah beberapa bulan kemudian, saat saya mau bayar pajak sekalian balik nama di Polda Metro Jaya, baru ketahuan STNK-nya palsu dan nomor rangka mesin bekas rekayasa. Saya datangi lokasi perumahan tersebut, ternyata si penipu cuma numpang tempat. Ampun deh, rugi besar, ternyata mobil hasil curian. Urusannya panjang dan ribet,” ujar Ely di Bursa Mobil Seken WTC Mangga Dua Jl Raya Gunung Sahari, Jakarta, kemarin.
Ely mengaku trauma membeli mobil dari penipu yang berkedok sebagai pedagang rumahan.

DIJAMIN

“Lebih baik beli mobil di pasar bonafid seperti ini, dijamin tidal akan tertipu. Seandainya kena tipu pun kita dengan mudah mendatangi show roomnya, ” kata Ely yang sedang membeli Fortuner tahun 2014. Menurutnya harga tak jauh beda dengan rumahan. Adapun kondisi mobil rapi dan siap pakai disertai surat legal.

Senior marketing manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan penjualan mobil di sini dijamin kelengkapan suratnya. Sejak awal berdiri pasar mobil terbesar di Indonesia tajun 2005, belum pernah terjadi kasus penipuan surat kendaraan. Kalaupun ada yang pajaknya telat, calon pembeli pasti dikasih tahu. “Ratusan pedagang di WTC Mangga Dua wajib menjunjung komitmen memuaskan pelanggan dengan cara berdagang yang jujur dan sopan,” katanya. (*/bu)