Wednesday, 19 December 2018

Gelombang Panas Eropa: Pemilik Dianjurkan Anjing Pakai Sepatu

Sabtu, 4 Agustus 2018 — 22:24 WIB
Anjing polisi Swiss dipertunjukkan menggunakan alas kaki.

Anjing polisi Swiss dipertunjukkan menggunakan alas kaki.

SWISS– Guna mengantisipasi gelombang panas, kepolisian Kota Zurich, Swiss, menganjurkan kepada para pemilik anjing membelikan sepatu untuk binatang peliharaan agar kaki-kaki mereka terlindung dari suhu panas.

Suhu di Swiss tercatat sebagai salah satu yang terpanas sejak negara itu membuat catatan temperatur pada 1864. Rata-rata suhu selama bulan Juli sekitar 30 derajat Celcius sehingga sebagian wilayah di negara itu mengalami kekeringan.

Kepolisian di Zurich, sebagaimana dilaporkan oleh stasiun televisi dan radio SRF meluncurkan “kampanye Anjing Kepanasan”.

Dalam program itu, pihak berwenang memberikan edukasi kepada pemilik anjing tentang cara-cara terbaik melindungi binatang peliharaan mereka dalam kondisi cuaca sangat panas karena trotoar yang panas dapat menyebabkan ketidaknyamanan di bagian kaki anjing.
Kaki bisa terbakar

Menurut juru bicara Kepolisian Kota Zurich, Michael Walker, suhu 30 derajat Celcius dapat terasa seperti 50-55 derajat Celcius di permukaan tanah, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi anjing.

“Ketika anjing berjalan di aspal yang panas, kakinya bisa terbakar – sama seperti manusia yang berjalan tanpa alas kaki,” jelasnya seperti dilaporkan SRF

Selain menyarankan membelikan sepatu anjing, Kepolisian Kota Zurich juga menyarankan kepada pemilik anjing untuk memeriksa suhu di tanah sebelum mengajak jalan-jalan anjing mereka. Caranya, mengukur temperatur dengan tangan belakang selama lima detik.

Kepolisian juga menganjurkan kepada pemilik binatang untuk tidak meninggalkan binatang peliharaan mereka di mobil ketika cuaca panas, dan juga memastikan kecukupan air.

“Apakah terlalu panas? Jika ya, maka hindari rute beraspal yang terkena terik matahari, pasangi kaki anjing dengan sepatu ‘boot’, dan gendong anjing kecil!”. Demikian pesan Kepolisian Kota Zurich dalam laman Facebook.

Ratusan pengguna Facebook memuji kampanye perlindungan anjing ini. Dalam program kampanye ini, pihak kepolisian menggunakan foto-foto anjing polisi lengkap dengan pelindung kakinya.

Kepolisian Kota Zurich mengatakan anjing juga memakai sepatu ketika melakukan pelacakan aksi pembobolan. (BBC)