Sunday, 16 December 2018

Modal Semangat Aja Deh!

Senin, 6 Agustus 2018 — 5:05 WIB
tepok

SIAP borong medali? Siap dong! Begitu kira-kira janji para atlit,olahragawan menghadapi Asian Games pada Agustus 2018 ini. Boleh-boleh saja, dan memang harus begitu, semangat dan semangat itulah tekad bagi setiap ‘pejuang’.

Bisa dibayangkan bahwa sebentar lagi, masyarakat Indonesia bakalan demam olahraga. Terutama, di Jakarta dan Palembang di kota dimana olah raga bergengsi di ASIA ini diselenggarakan. Demam, di sini bukan panas dingin, tapi justru mereka meniru idola mereka. Bagi yang atletik bakalan ikutan lari-larian, bagi yang sukan bola, ya menendang bola, bulu tangkis, tentu saja bakalan mengibaskan raket.

Masih ingat pada era jaya-jayanya Indonesia di kancah bulu tangkis? Ketika pemain kita malang melintang di lapangan, musuh-musuhnya bertekuk lutut? O iya, betapa bangganya masyarajat waktu itu. Maka, menjamurlah yang namanya lapangan badminton hampir ada di setiap lingkungan RT dan RW?

Dari latihan sampai pertandingan antara warga selalu ramai mendapat sambutan dan menghibur. Pokoknya tiada hari tanpa kock terbang, di atas lapangan tanah maupun peluran dengan penerangan lampu patromak!

Tapi itu dulu, semua sudah berlalu. Lapangan badminton sudah nggak ada lagi tuh. Semua sudah jadi hunian. Yang ada anak-anak yang pada main tepok bulu yangkis di jalanan, termasuk main sepak bola. Itu pun merdeka harus puas dengan omelan pejalan kaki atau warga yang merasa terganggu, karena berisik.

Oke deh, semua itu nggak jadi alasan. Oleh karena itu seperti janji awal, mari tetap semangat. Semangat memang harus dimiliki sebagai modal bagi setiap orang. Dalam hal apa saja. Kerena kalau semangat sudah hilang, nggak tahu dan apa jadinya hidup seseorang?
Apalagi semangatnya menyimpang. Semangat berbuat kejahatan? – massoes