Wednesday, 15 August 2018

Lepas Atlet Asian Games 2018, Jokowi Ingatkan Target Harus Dicapai

Rabu, 8 Agustus 2018 — 20:39 WIB
Presiden Joko Widodo melepas atlet dan tim ofisial yang akan berlaga di Asian Games XVIII 2018, di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/8/2018). (Rihadin)

Presiden Joko Widodo melepas atlet dan tim ofisial yang akan berlaga di Asian Games XVIII 2018, di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/8/2018). (Rihadin)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melepas kontingen atlet dan tim ofisial Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games XVIII 2018 di Jakarta dan Palembang. Sebanyak 904 atlet dan ofisial hadir dalam pelepasan di halaman belakang Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/8/2018) sore.

Dalam amanatnya, Jokowi mengingatkan kepada kontingen bahwa  seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar pada ajang olahraga terbesar se-Asia.

“Yakinlah bahwa 263 juta penduduk Indonesia berada di belakang saudara-saudara semuanya untuk berkumandangnya Indonesia Raya dan (berkibarnya bendera) Merah Putih pada saat nanti ada kemenangan setelah saudara-saudara bertanding,” ucap Jokowi.

TARGET 16 MEDALI

Presiden meyakini para atlet peserta ini merupakan putra-putri terbaik sehingga dapat mencapai target prestasi yang telah ditentukan. Indonesia menargetkan 16 medali emas dan masuk 10 besar.

“Targetnya jelas masuk 10 besar, (medali) emas yang kita dapatkan minimal juga jelas tadi minimal 16. Minimal artinya kalau tambah banyak boleh, kurang satupun tidak boleh,” ujar Presiden.

jokowi salami atlet asian games-rihadin

Keyakinan tersebut bukanlah tanpa alasan karena selama ini para atlet telah menjalani latihan jangka panjang dan mendapat dukungan yang luar biasa dari para pelatih dan ofisial.

“Saya meyakini dengan kerja keras, dengan berlatih yang rentangnya cukup panjang, saya meyakini insya Allah (medali) emas akan sebanyak-banyaknya kita dapatkan,” kata Kepala Negara.

(BacaJokowi Optimis Pencak Silat Dulang Banyak Emas di Asian Games 2018)

Ia pun berpesan kepada para atlet untuk selalu menunjukkan semangat berjuang dan mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Ketua INASGOC Erick Thohir. (johara/ys)