Saturday, 22 September 2018

All New Ertiga Ramah Bagi Penyandang Disablitas

Kamis, 9 Agustus 2018 — 1:20 WIB
Model menunjukkan bangku khusus disabilitas konsep Suzuki All New Ertiga.

Model menunjukkan bangku khusus disabilitas konsep Suzuki All New Ertiga.

SUZUKI Indomobil Sales (SIS) menampilkan All New Ertiga Support Concept yang dirancang sebagai kendaraan yang ramah bagi penyandang kebutuhan khusus atau disabilitas di Ajang Gaikindo Indonesia lnternational Motor Show (GIIAS) 2018.

Menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT. SIS pihaknya berusaha menyediakan kendaraan keluarga seperti All New Ertiga yang menunjang aktifitas dan mengakomodasi penyandang disabilitas. “All New Ertiga Support Concept cukup simpel karena hanya mengubah mekanisme kursi di bagian depan,” kata Yulisa Purwanto .

Berdasarkan data Penduduk hasil Supas 2015 milik Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, terdapat 21.843.408 penyandang disabilitas atau setara 8,56 persen dari penduduk Indonesia. Suzuki All New Ertiga Support Concept dilengkapi dengan kursi yang dirancang khusus untuk memudahkan akses masuk penumpang berkebutuhan khusus ke dalam mobil. Kursi yang terletak di sisi penumpang pada baris pertama mobil.

CUKUP MUDAH

Cara kerjanya cuklup mudah, kursi ini memiliki pergerakan memutar dengan mekanisme manual. Kita tinggal menarik satu tuas yang terletak di sisi kiri jok depan. Kursi penumpang depan ini kemudian dapat berputar hingga 90 derajat ke arah pintu sehingga memudahkan untuk keluar masuk mobil.

Group Head 1 of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales, Mohammad Edy Ramadhan mengatakan, di mobil konsep ini pihaknya hanya memodifikasi mekanisme kursi dan lebar bukaan pintu. “Pintu disesuaikan dengan lebar kursi agar bisa berputar. Selain itu kursi yang digunakan tetap original kursi All New Ertiga, tidak ada perubahan lain.”

Mengenai kemungkinan diproduksi dan dijual ke konsumen, Yulis Purwanto mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan. Demikian juga dengan rencana untuk diterapkan pada model-model Suzuki lain. “Saat ini masih dalam bentuk konsep, kami terus mempelajari kemungkinannya,” tutup Yulian. (adji/bu)