Wednesday, 19 September 2018

Sikat Malaysia, Indonesia Hadapi Thailand di Final Piala AFF U-16

Kamis, 9 Agustus 2018 — 21:30 WIB
Indonesia vs Malaysia. (twitter @AFFPresse)

Indonesia vs Malaysia. (twitter @AFFPresse)

SIDOARJO – Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses melaju ke Final Piala AFF U-16 2018 setelah berhasil menang 1-0 atas Malaysia pada babak semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) malam. Striker Amirudin Bagus Kahfi Alfikri menjadi aktor kemenangan setelah berhasil mencetak gol semata wayang melalui eksekusi penalti.

Seperti yang sudah diprediksi, duel rival abadi ini berlangsung panas. Permainan keras tim Malaysia bahkan membuat kesebelasan Indonesia beberapa kali dijatuhkan dengan keras.

(Baca: Semi Final Timnas U-16 Indonesia dan Timnas U-16 Malaysia Diprediksi Berjalan Panas)

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung, Indonesia tampil mendominasi. Terlebih puluhan ribu suporter yang memadati stadion tak henti-hentinya memberikan semangat. Skuat asuhan Fakhri Husaini terus menggempur Harimau Malaya hampir sepanjang laga.

Tendangan-tendangan keras dari luar kotak penalti terus digencarkan Indonesia U-16 ke gawang Malaysia u-16. Salah satunya oleh David Maulana pada menit ke-29. Namun, sayang sepakannya masih melambung di atas gawang Malaysia.

Peluang emas juga didapat Supriadi ketika berhasil mengecoh bek Malaysia pada menit ke-33. Sayangnya lagi tembakannya masih membentur tiang gawang.

Terus digempur, kubu Malaysia sempat terlihat panik. Adu mulut pun terjadi antara kiper Abdul Alim dengan salah satu beknya, di penghujung waktu babak pertama. Ini terjadi setelah terjadi kemelut di kotak penalti Malaysia.

Kedua penggawa Malaysia itu bersitegang usai mengantisipasi bola liar hasil akselerasi Bagus Kahfi pada menit ke-40+1. Namun, Abdul Alim justru berebut dengan rekan satu timnya itu. Bola pun berbuah sepak pojok. Hingga babak pertama berakhir, kedua tim bermain sama kuat tanpa gol.

BABAK KEDUA

Peluit babak kedua dibunyikan, Indonesia kembali memegang kendali permainan. David Maulana dan kawan-kawan terus menggempur pertahanan Malaysia.

Mengandalkan bola pendek dikombinasikan umpan jauh Indonesia terus berupaya memecahkan kebuntuan. Sementara Malaysia tampak kesulitan mencari cara untuk membangun serangan.

(BacaPeluang Indonesia Vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-16)

Perjuangan keras Garuda Asia akhirnya berbuah manis. Berawal dari aksi individ Supriadi, kiper Malaysia Abdul Alim harus melanggarnya di dalam kotak terlarang.

Tanpa ampun wasit langsung menunjuk titik putih. Bagus Kahfi yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya secara baik dengan menggulirkan bola geleser yang keras. Meski arah bola terbaca oleh Abdul Alim namun sepakan Bagus mendarat mulus di dalam gawang Malaysia.

Keunggulan tersebut lantas menambah kepercayaan diri penggawa Indonesia U-16. Namun, tak ada lagi gol tercipta sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat kemenangan ini timnas Indonesia U-16 lolos ke babak final dan akan berhadapan dengan Thailand U-16 yang pada laga semi-final lainnya mengalahkan Myanmar U-16. Laga final akan dilangsungkan pada Sabtu 11 Agustus 2018. (ys)

Susunan pemain

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, Yudah Febrian, David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah, Muhammad Supriadi, Fajar Fathur Rohman, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.

Malaysia U-16: Abdul Alim, M Alias, Ali Imran Sukari, Dinesh Baskaran, M Izzul Adham, Mohamad Ikhwan, Aznil Daniel, M Marwan, Megat Syafique, Azrul Haikal Ramlee, Harith Naem.