Wednesday, 17 October 2018

M Taufik Digadang-gadang untuk Gantikan Sandiaga Uno

Jumat, 10 Agustus 2018 — 19:58 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik (dok/ikbal)

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik (dok/ikbal)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiago Salahudin Uno sudah dipastikan mundur dari posisinya. Ketua DPD Gerindra  DKI Jakarta M.Taufik  disebut-sebut  berpotensi menggantikan  Sandi hingga tahun 2022 nanti.

Direktur Eksekuti Forum Diskusi Jurnalis Jakarta (FDJJ), Ahmad Jubair menilai, Taufik sebagai sosok yang tepat menggantikan Sandi sabagai Wakil Gubernur DKI mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan.

Menurut Jubair, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu bukan sekedar politisi tetapi juga lama berkecimpung di dunia organisai swadaya masyarakat.

Taufik, kata Jubair, mengawali karirnya dengan mendirikan LSM yang konsen membedah berbagai persoalan di Ibu Kota Jakarta. “Taufik paham betul permasalahan dan bagaimana penuntasan transportasi, banjir hingga ekonomi kerakyatan,” kata Jubair, Jumat (10/8).

Jubair menilai, sebagai politisi dan pemerhati Jakarta, Taufik akan menjadi pasangan yang cocok berduet dengan Anies Baswedan membenahi permasalahan di Ibu Kota.

“Jika Parpol koalisi, Gerindra dan PKS salah memilih pengganti Sandi tentu akan kedodoran. Karena, terpilihnya Anies sebagai Gubernur dibebani janji kampanye yang sedemikian berat dalam menata Jakarta,” jelas Jubair.

Selain itu, lanjut dia, sebagai Wakil Ketua DPRD DKI, Taufik juga paham persis soal legislatif dan perencanaan pembangunan Ibu Kota.

Sementara itu,M.Taufik,mengatakan tidak terlalu berambisi  merengkuh kursi DKI-2 tersebut. Tapi bila dipercaya maka dirinya  siap. “Saat ini, saya belum tahu, kan belum diusulin. Ya, doain aja,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan mekanisme pergantian Gubernur ataupun Wakil Gubernur merupakan kewenangan DPRD DKI. Namun, untuk nama calon pengganti diusulkan oleh partai pengusung.

“Begini, undang-undang mengatakan, pengisian jabatan wagub atau gubernur itu diusul oleh partai pengusung, 2 nama dipilih oleh DPRD,” kata Wakil Ketua DPRD DKI itu. (john/win)