Tuesday, 14 August 2018

Main di Film D.O.A, Nirina Menguras Pita Suara Hingga Cukur Alis

Jumat, 10 Agustus 2018 — 23:56 WIB
Nirina Zubir (cw2)

Nirina Zubir (cw2)

JAKARTA – Nirina Zubir ikut berperan dalam film D.O.A Doyok Otoy Ali Oncom: Cari Jodoh. Di mana dalam film terbarunya ini Nirina memerankan sosok Mpok Eli, istri dari Otoy (Pandji Pragiwaksono).

Nirina mengungkapkan, perannya kali ini cukup menguras keringat dan pita suara. Sebab, karakter Mpok Eli yang ceria dan bawel ini membuatnya harus berbicara dengan super cepat dan intonasi suara yang agak keras. Menurutnya, karakter Mpok Eli yang seperti itu berdasarkan eksplorasi karakter yang dilakukannya terhadap karakter dari sosok Mpok Eli dalam Lambergar Otoy.

“Karena Mpok Eli di cerita Pos Kota ini dia ada, tapi karakternya tidak sejelas kalau Doyok, Otoy, Ali Oncom gitu. Jadi kita dibebaskan untuk mengeksplor, Na dikasih kebebasan itu akhirnya Na pikir ‘apa ya yang beda dari Mpok Eli’. Akhirnya ya udah Mpok Eli adalah orang yang kalau udah ngomong nyerocos banget, sampai kayak si Otoy mau kasih penjelasan aja ga ada waktu,” jelas Nirina pada Kamis (9/8/2018) malam, di Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, ia mengaku karakter dari Mpok Eli yang ‘merepet’ ini ketika berbicara membuatnya agak deg-degan. Sebab, kata-kata yang diucapkan harus cepat dan sesuai, kalau tidak, maka ia harus mengulang dialog tersebut dari awal.

“Setiap mau take (bilang), ‘Jangan ajak ngomong, jangan ajak ngomong’. Karena kan selain omongan, ekspresi, gerakan tubuh juga harus sesuai dengan yang Na pikirkan Mpok Eli jadinya kayak gitu,” tambahnya.

Bukan hanya karakter Mpok Eli yang cukup menguras keringatnya, di filn ini pun Nirina sampai harus mencukur alisnya setengah demi totalitas untuk mendalami peran yang ia mainkan.

“Jadi pas cari apa ya, rambut di roll ke atas, oke. Tapi pengen yang beda lagi, apa ya. (Nirina) ‘Nggy, gue cukur alis ya’, (Anggy Umbara) ‘wah serius lu?’, ‘iya’, ‘mau kayak gimana?’ ‘yaudah tinggal satu titik aja’. ‘serius?’ beneran ya, lu masalah gak?’, ‘Ga sih, lu masalah ga?’, (Na jawab) ‘Ga ah’,” ungkap Nirina sambil mengulang kembali percakapnnya dengan Anggy selaku sutradara dalam filn D.O.A: Cari Jodoh.

Akhirnya, ia pun benar-benar mencukur alisnya dan hanya menyisakan sedikit alisnya. Akibatnya, selama proses syuting berlangsung, ia pun selalu diledek dengan para kru dan pemain lainnya.”Yaudah jadi selama syuting semua orang (bilang) ‘Gue liat tuyul’, gue liat tuyul’,” pungkasnya. (cw2/win)