Wednesday, 19 December 2018

Diduga Menipu, Ketua Gapensi Bogor Ditangkap

Sabtu, 11 Agustus 2018 — 14:40 WIB
ilustrasi

ilustrasi

BOGOR –  Kantor Badan Pengurus Cabang Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (BPC Gapensi) Kota Bogor digeledah Satreskrim Polresta Bogor Kota.

Polisi mendatangi kantor BPC di Jalan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (10/8/2018).

Penggeledahan terkait kasus dugaan penipuan proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) atau turap di Kecamatan Bogor Barat.

Ada dugaan, AI selaku ketua Gapensi melakukan penipuan. “Usai penggeledahan polisi membawa AI.  Sejumlah dokumen dibawa. Setelah menjalani pemeriksaan sejak malam, AI kini sudah tersangka,” kata Kompol Agah Sanjaya, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota.

Kompol Agah Sonjaya membenarkan adanya penahanan tersebut. Sebelum ditahan, sambungnya, polisi terlebih dahulu melakukan pemanggilan sebanyak dua kali.

“Kami sudah dua kali memanggil tetapi karena alasan kesehatan yang bersangkutan tidak bisa hadir, barulah tiga hari lalu bisa hadir dan menjalani pemeriksaan,”ungkapnya.

Kasus ini disidik polisi atas laporan pelapor yang mengaku, dijanjikan mendapatkan pengerjaan proyek di Kecamatan Bogor Barat.

Agar proyek didapat, pelapor terlebih dahulu diminta menyetorkan sejumlah uang. Namun, pekerjaan yang dijanjikan tak kunjung ada.

Selain itu, kata Kompol Agah, polisi saat ini juga sedang mendalami aduan masyarakat adanya kasus dan modus serupa.

“Tersangka saat ini tetap ditahan karena kasus penipuan proyek turap. Tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dan 372 KUHP tentang penggelapan,” katanya.

AI menjabat Ketua Gapensi Kota Bogor masa bakti 2016-2021. Sebelumnya  dia juga terjerat kasus serupa dengan menjanjikan akan mengoperalihkan pekerjaan pembangunan gedung DPRD Kota Bogor dari pemenang tender kepada salah seorang kontraktor. (yopi/tri)