Tuesday, 17 September 2019

Agustus, Selain Ada Jokowi, MPR Hadirkan Ustad Abdul Somad

Rabu, 15 Agustus 2018 — 18:28 WIB
Sidang Tahunan MPR (dok.timyadi)

Sidang Tahunan MPR (dok.timyadi)

JAKARTA – Bulan Agustus merupakan momentum penting bagi MPR. Di bulan ini, selain ada hajatan menggelar Sidang Tahunan yang dihadiri Presiden RI, yakni pada 16 Agustus, juga ada sejumlah kegiatan, di antaranya sebagai Bulan Konstitusi.

Agenda penting kenegaraan, diawali dengan rapat paripurna MPR dalam rangka Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2018. Dalam sidang ini Presiden Joko Widodo menyampaikan laporan kinerja lembaga negara.

“Sidang Tahunan MPR masih dalam satu rangkaian sidang bersama DPR – DPD, dan sidang DPR penyampaian nota keuangan RAPBN 2019. Sidang Tahunan MPR dilaksanakan pagi hari dilanjutkan sidang bersama DPR – DPD, dan sidang penyampaian nota keuangan,” kata Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono dalam Media Expert Meeting berkaitan dengan persiapan Sidang Tahunan MPR, di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Turut mendampingi Sesjen MPR, Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dan Kasubag Pemberitaan Budi Muliawan. Ma’ruf menjelaskan Sidang Tahunan MPR ini merupakan mandat dari Tata Tertib MPR yang sudah menjadi konvensi ketatanegaraan dan sudah disepakati bersama. Dengan Sidang Tahunan ini MPR memfasilitasi penyampaian laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan oleh Presiden.

Untuk persiapan Sidang Tahunan ini, lanjut Ma’ruf, MPR sudah melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga di parlemen dan di luar parlemen. Dari aspek teknis pelaksanaan sidang, sarana, sumber daya manusia, keamanan, dan lainnya, MPR siap melaksanakan Sidang Tahunan MPR. “Tanggal 16 Agustus tinggal pelaksanaan,” ujarnya.

Ma’ruf mengharapkan peran media untuk mensukseskan Sidang Tahunan MPR. “Karena satu kegiatan akan memiliki manfaat yang luar biasa untuk publik apabila diseberluaskan oleh media” katanya.

Kegiatan MPR selanjutnya pada 17 Agustus, dilaksanakan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang diikuti tiga lembaga parlemen (MPR, DPR, DPD) dengan inspektur upacara Pimpinan DPR.

Kemudian pada tanggal 18 Agustus MPR akan memperingati Hari Konstitusi. “Hari Konsitusi ini merupakan momentum untuk merefleksi perjalanan konstitusi termasuk pelaksanaannya. Termasuk direlasikan dengan isu-isu kekinian seperti Pemilu,” katanya. Peringatan Hari Konstitusi dihadiri Wakil Presiden dan peringatan ini dilanjutkan dengan sarasehan konstitusi.

Menjelang tanggal 29 Agustus, MPR menyelenggarakan Pekan Konstitusi. Kegiatan Pekan Konstitusi dalam rangka Hari Konstitusi ini antara lain Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR yang diikuti sekolah pemenang dari setiap provinsi, Final debat konstitusi tingkat nasional.

Masih pada tanggal 29 Agustus, MPR memperingati HUT MPR. Kegiatan memperingati HUT MPR antara lain jalan sehat Empat Pilar, ceramah agama atau pengajian menghadirkan Ustad Abdul Shomad.

“Yang disampaikan dalam ceramah agama masih terkait dengan Empat Pilar MPR dan ketatanegaraan,” imbuh Ma’ruf. Ceramah agama ini akan dihadiri pimpinan MPR dan masyarakat umum. (win)